News

Terbawa Arus Sungai, Bangkai Babi Tebar Bau Busuk

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Bangkai babi yang sengaja dibuang oknum bertanggung jawab dan terbawa arus sungai, menebar bau busuk yang sangat menyengat dan sangat mengganggu warga di Lingkungan Batanha, Kota Amlapura. Bangkai babi penebar bau busuk itu kini nyangkut di aliran sungai tepatnya di bawah bangunan kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Karangasem.

Salah seorang warga Novi dan Wulan yang ngekost di sekitar tempat tersebut, mengaku pertama kali melihat bangkai babi tersebut saat dirinya pergi berbelanja ke pasar Amlapura. “Kurang lebih sekita pukul 07.00 wita, saya lihat bangkai babi itu sudah ada di tempat itu. Bangkai itu diperkirakan datang dari hulu yang sengaja dibuang oleh oknum tak bertanggung jawab dan selanjutnya terbawa aliran sungai,” jelasnya seraya mengaku sangat terganggu dengan bangkai babi yang menebar bau busuk sangat menyengat tersebut.

Sementara Gede Ngurah Yudiantara alias Dodek, Kadis Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem berkomentar soal bangkai babi yang dibuang di sungai ini merupakan pencemaran lingkungan. Pelakunya agar diditindak guna memberi efek jera. Apalagi di tengah maraknya virus ASF yang meresahkan banyak peternak utamanya di Karangasem.  “Bangkai babi itu bukan sampah dan membuang bangkai babi termasuk melanggar ketertiban umum, pencemaran lingkungan. Pelakunya harus ditangkap, dan diberikan sanksi tegas,” ujarnya saat ditemui di Kantor DLH, Rabu (11/3). Pihaknya mengimbau sekaligus mengajak kepada masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan termasuk kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan terlebih bangkai babi yang cukup mengganggu pemandangan dan penciuman tersebut. *** Cahayamasnews.com/Tim-02.

Facebook Comments