November 28, 2020
Adat dan Tradisi

Pemkab Klungkung Hadiri Pujawali Pura Tunjuk Pusuh Nusa Penida

SEMARAPURA (CAHAYAMASNEWS). Pemerintah Kabupaten Klungkung yang diwakili Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Ny. Sri Kasta menghadiri upacara Pujawali di Pura Sad Kahyangan Jagad, Tunjuk Pusuh, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Rabu (12/8). Kehadiran rombongan Wabup Kasta bersama Camat Nusa Penida Komang Widyasa Putra dan Kabag Kesra I Gusti Ngurah Agung disambut prajuru desa dan tokoh masyarakat setempat. 

Klian Pura Kadek Widiarta mengatakan, Pura Tunjuk Pusuh Desa Pakraman Tanglad merupakan salah satu pura Sad Kahyangan Jagad di Nusa Penida. Pengempon pura ini berjumlah 310 KK yang berasal dari desa Pekraman Tanglad Upacara Pujawali dilaksanakan enam ulang sekali tepatnya setiap rahina Buda Kliwon Gumbreg. Pada Pujawali ini, Ida Bhatara akan nyejer selama 3 hari. Sedangkan upacara nyineb akan dilaksanakan pada Sabtu (15/8) depan.

Usai melakukan persembahyangan bersama, sebagai wujud srada bakti kepada Ida Bhatara yang berstana  di pura tersebut, Wabup Made Kasta menyerahkan punia kepada Klian Pura Tunjuk Pusuh. “Semoga seluruh prosesi pujawali dapat dilaksanakan dengan lancar sesuai yang diharapkan bersama serta seluruh umatnya dianugerahi kerahayuan dan kesejahteraan,” ujarnya. *** Cahayamasnews.com/HmsKlk.

Facebook Comments