November 28, 2020
Advetorial

Perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Tengah Pandemic Covid-19, Ketua DPRD I Gede Dana Ajak Masyarakat Patuhi Porkes

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karangasem, I Gede Dana S. Pd., M. Si., atas nama pimpinan, anggota serta seluruh  staf DPRD Kabupaten Karangasem, mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan pada tanggal 16 September 2020 dan Kuningan,  pada tanggal 26 September 2020. “Semoga kita semua mendapatkan kerahayuan dan kedamaian termasuk alam beserta isinya,” ujarnya.

Pada perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan yang dilaksanakan di tengah pandemic covid 19, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Gede Dana mengajak sekaligus mengimbau kepada seluruh masyarakat Karangasem, utamanya umat Hindu yang merayakan, untuk senantiasa mulat sarira dalam merayakan hari raya Galungan dan Kuningan ini. “Saya berharap agar perayaan Galungan dan Kuningan dapat dilaksanakan dengan suasana penuh kesederhanaan di masing-masing keluarga, banjar, desa adat serta senantiasa mengikuti Prokes. Demikian pula, saat melakukan persembahyangan dengan khusyuk dan khidmat, agar tetap menjaga protokol  kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan jaga kebersihan,” ujarnya.

Begitu juga saat sembahyang dengan keluarga, banyak berharap  bersembahyang gunakan jam-jam yang bergiliran jangan sampai berkerumun terlalu banyak. Sehingga esensi utama perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan tidak melenceng dari tuntunan ajaran Agama Hindu.

Gede Dana politisi asal Desa Datah itu menambahakan, persembahyangan tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan (Porkes) itu mengingat pandemic belum selesai. Ini sangat – sangat menghawatirkan apalagi sekarang kabupaten Karangasem zona merah atau risiko tinggi. Gede Dana mengajak kepada seluruh masyarakat Karangasem agar tetap mengimplementasikan nilai adiluhung leluhur yakni “Segilik seguluk salunglung sabayantaka”.

“Mari kita solid bergerak bergotong royong bersama menghadapi pandemi Covid-19 ini, serta bersama-sama tidak cukup pemerintah saja tetapi masyarakat pun ikut menjaga dengan mengikuti arahan dari pemerintah, sehingga mudah-mudahan covid 2019 ini cepat selesai di Karangasem khususnya dan di jagat raya ini pada umumnya. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments