January 26, 2021
Pendidikan

Setuju Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka, Dalam Waktu Dekat Komisi IV Laksanakan Hearing dengan Disdikpora dan Instansi Terkait

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Menanggapi wacana Pembelajaran Tatap Muka bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Karangasem, tahun ajaran 2020 – 2021, Ketua Komisi IV Urusan Pemerintahan Bidang Pendidikan DPRD Kabupaten Karangasem I Nyoman Rena, SP., saat di temui Senin, (4/1/2021) mengaku setuju dilaksanakan Pembelajaran Tatap Muka bagi siswa di tengah pandemi covid 19 yang sampai saat ini belum usai.

“Saya setuju jika pembelajaran tatap muka itu dilaksanakan, namun dengan catatat sekolah bersangkutan harus betul-betul disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) seperti siswa wajib memakai masker, penyediaan tempat cuci tangan, menjaga jarak. Pun, setelah siswa dicek suhu tubuhnya agar langsung disuruh masuk ke kelas dengan mengatur jarak posisi duduknya. Intinya sekolah bersangkutan harus benar-benar memperhatikan SOP Prokesnya,” tegas I Nyoman Rena.

Politisi Golkar Asal Rendang itu menambahkan, sebelum siswa masuk ke kelas guru diharapkan terlebih dulu berada di kelas  untuk mengatur jarak duduk siswanya. Dalam melaksanakan pengawasan terhadap siswa yang baru masuk dan hendak pulang sekolah, tiap sekolah harus membentuk Satgas yang diusulkan oleh sekda. “Ya Satgas itu harus dibentuk di tiap sekolah untuk mengawasi kegiatan siswa, baik saat jam istirahat dan masuk. Dimana jika  pembelajaran tatap muka itu dilaksanakan, maka pengawasannya harus dilakukan dengan ketat supaya tidak menjadi kelaster baru penyebaran Covid-19, bagi keluarga siswa,” katanya.

Sementara menurutnya pembelajaran dengan sistem sip itu sangat bagus, namun  guru harus mengatur  jam masuk siswa ke sekolah  dan pulang, supaya siswa tidak ada saling bertemu di sekolah. Langkah pengawasan yang ketat ini dilakukan tiada lain bertujuan untuk keselamatan anak-anak sebagai generasi muda dan generasi pewaris/penerus bangsa ini. “Dalam upaya menyelamatkan generasi penerus kita dari ancaman virus mematikan ini, maka penerintah harus betul-betul memperhatikan kesiapannya dan kehati-hatiannya dalam mengambil keputusan tentang pembelajaran tatap muka itu,” ujar Nyoman Rena seraya mengaku dalam waktu dekat ini Komisi IV akan melaksanakan hearing dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) dan instansi/dinas terkait. *** Cahayamasnews.com/Tim-01

Facebook Comments