SosPol

Meriahkan HUT ke-48, PDI Perjuangan Karangasem Gelar Berbagai Lomba Bernuansa Budaya

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Berlambang Kepala Banteng Moncong Putih, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI P) ke-48 bakal digelar berbagai lomba seperti lomba Coktil Arak, Barista Kopi Bali, Cerdas-cermat, Nyusastra Bali, Website Sastra Bali, Desain Endek Bali, ada  kegiatan bersih-bersih Sungai, Pantai, Danau dan pengobatan tradisional, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan disiplin dan sangat ketat, untuk menghindari terjadinya klaster baru Covid-19. Demikian disampikan Ketua DPC Partai PDIP Kabupaten Karangasem, I Gede Dana, Jumat (8/1/2021) melalui whatsappnya.

“Berbagai lomba tersebut bertujuan untuk melestarikan seni, adat, dan budaya Bali yang telah tersohor di seluruh dunia. Sementara lomba “Nyastra” nyurat atau menulis aksara Bali itu tujuannya supaya generasi muda kita diera globalisasi ini tidak lupa akan warisan leluhur kita, terutama sastra Bali. Sehingga warisan leluhur itu tetap ajeg dan lestari,” ujar Gede Dana.

Ditambahkan, terkait lomba Coktil Arak merupakan salah satu bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa warga Karangasem juga memiliki potensi dalam meramu minuman lokal, dimana bahannya dari arak buatan yang asli merupakan hasil dari para petani arak di wilayah Karangasem. bila ini bisa digarap dengan baik, maka akan dapat meningkatkan kesejahteraan petani arak di Karangasem.

Hanya saja dalam meramu dan mengolahnya belum maksimal, karena untuk menjadi professional memang dibutuhkan pelatihan dan ketrampilan khusus. “Kita sengaja mengambil kegiatan-kegiatan yang bermanfaat demi keseimbangan alam dan semua yang ada. Mulai dari menjaga lingkungan dan diri kita sendiri, maka akan tercipta suasana nyaman, damai, dan tentram,” ujar tokoh Politik Asal Desa Datah ini menjelaskan. *** Cahayamasnews.com/Tim-01

Facebook Comments