January 26, 2021
Adat dan Tradisi

Bupati Giri Prasta Hadiri Karya di Pura Dalem Desa Adat Angantiga Petang

MANGUPURA (CAHAYAMASNEWS). Bertepatan dengan Hari Tumpek Wayang yang jatuh pada Saniscara Kliwon Wuku Wayang, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Wraspati Kalpa, Melaspas, Mendem Pedagingan Ngenteg Linggih Pedudusan Alit di Pura Dalem Desa Adat Angantiga Desa Petang, Sabtu (9/1). Kehadiran Bupati Giri Prasta didampingi Anggota DPRD Kabupaten Badung I Gusti Lanang Umbara, I G.A.A. Inda Trimafo Yudha, Nyoman Suka, Camat Petang I Wayan Dharma beserta Unsur Tripika, Perbekel Desa Petang I Wayan Suryantara dan Pj. Perbekel Desa Sulangai Made Sukadana.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya berpesan kepada masyarakat Desa Adat Angantiga dalam setiap kegiatan yang dilakukan di wilayahnya agar dilaksanakan dengan semangat gotong royong dan didasari  oleh rasa tulus ikhlas, seperti yang sudah dilakukan pada pelaksanaan upacara karya saat ini sehingga pelaksanaan Upacara Dewa Yadnya dapat berlangsung sukses.

“Saya minta masyarakat Desa Adat Angantiga untuk selalu mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan didasari oleh rasa tulus ikhlas dan gotong royong dalam setiap kegiatan yang dilakukan di Desa Adat Angantiga. Saya ingin kita semua menciptakan jembatan emas bagi generasi muda kita dimasa mendatang. Mari wariskan generasi muda kita dengan hal-hal yang baik,” pesannnya.

Sedangkan terkait dengan menyikapi kondisi pandemi Covid-19 pada saat ini dalam rangka mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi masyarakat, Bupati Giri Prasta menyampaikan akan segera melakukan perubahan atas APBD Kabupaten Badung tahun 2021, dengan menerapkan skala prioritas penggunaan APBD Badung dalam upaya mensukseskan program vaksinasi gratis untuk seluruh masyarakat Badung dengan menyiapkan alkes dan nakes yang dibutuhkan dalam pelaksanaan vaksin Covid gratis yang digulirkan pemerintah pusat.

“Di samping itu pula untuk mempercepat pemulihan sektor ekonomi, kami akan menggelontorkan dana stimulus dalam upaya penguatan UMKM,” katanya seraya mengingatkan masyarakat agar di masa sulit seperti saat ini rasa bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi tidak boleh luntur. Pada kesempatan tersebut Bupati selaku kepala daerah ngaturang punia sebesar Rp. 450 juta.

Sementara itu Prawartaka Karya I Wayan Parda mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Badung di Desa Adat Angantiga ini. Terkait dengan bantuan dari Pemkab Badung sudah dipergunakan dengan sebaik-baiknya, yaitu untuk melangsungkan upacara upakara Wraspati Kalpa, Melaspas, Mendem Pedagingan, Nganteg Llinggih Pedudusan Alit di Desa Adat Angantiga Desa Petang. “Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati atas kehadiran dan bantuan yang beliau berikan. Mudah-mudahan melalui karya yang kami selenggarakan ini sebagai bagian dari ikut ngerastiti jagat di Angantiga khususnya dan Badung pada umunya sehingga mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan perekonomian masyarakat kembali pulih,” harapnya. *** Cahayamasnews.com-Hms-Tim

Facebook Comments