News

Menuju Zona Hijau, 7 Desa Disasar Vaksinasi Massal

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Berdasarkan hasil rapat dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) covid 19 Kabupaten Bangli dalam persiapan zona hijau akan menyasar sekitar 21 ribu orang yang akan menerima vaksinasi dengan persediaan 21 ribu dosis vaksin yang bakal diberikan untuk 7 desa dari empat kecamatan. Sebagai persiapan, Pemkab Bangli mulai melaksanakan Gerakan Serentak (Gertak) vaksinasi mulai tanggal 6 sampai 11 Mei. Vaksinasi massal ini bakal menyasar masyarakat di tujuh desa yang selama ini menjadi pendukung objek wisata di Kabupaten Bangli. Demikian diungkapkan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP)  Covid 19 Kabupaten Bangli  I Wayan Dirgayusa, saat dikonfirmasi usai rapat pemantapan pelaksanaan vaksinasi, Senin (03/05/2021)

Terkait pelaksanaan vaksinasi, kata  Dirgayusa, dalam rapat tadi Bupati Bangli meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bergerak bersama dalam melakukan persiapan vaksinasi missal tersebut. Paling tidak, tanggal 5 Mei persiapan pelaksanaan vaksinasi ini sudah final dan dilaporkan ke group. “Besok kita semua turun guna menentukan pos pelaksnaan vaksinasi ini. Rapat penentuan lokasi pos ini akan dikoordbir masing-masing camat,” katanya.

Disebutkan, vaksinasi  di tujuh  desa ini menyasar  21.000 warga, sementara pelaksanaannya akan dilakukan di 20 pos. Untuk cakupan sasaran diperkirakan mencapai 4.000 orang lebih per harinya. “Diskes menyiapkan 25.000 vaksin untuk pelaksanaan Gertak vaksinasi ini,” tegasnya. Disinggung tujuh desa yang disasar, yakni untuk di Kecamatan Kintamani Desa Batur Tengah, Desa Batur Selatan dan Desa Batur Utara, selanjutnya  Kecamatan Susut, Desa Apuan, Kecamatan Tembuku Desa Tembuku dan Kecamatan Bangli Kelurahan Kubu. Masyarakat yang disasar adalah masyarakat yang ada disekitar daerah objek wisata. Yang mana tujuannya, adalah sebagai salah satu syarat untuk membuka objek wisata.

“Syarat untuk membuka objek wisata sekarang, paling tidak 80 persen warganya harus telah tervaksin,” jelasnya. Lanjut disampaikan,penentuan zona hijau ini  berdasarkan kajian yang ada obyek wisatanya seperti Desa Apuan dengan wisata air terjun Tibemana,Desa Tembuku dengan Waterfal Tukad Cepung,Kelurahan Kubu Desa Wisata Penglipuran, Kintamani dengan Pura Ulundanu Batur dan Penelokan,” pungkasnya. *** Cahayamasnews.com/Agung Natha.

Facebook Comments