News

Sikapi Aspirasi Nama Ibu Kota Bangli, PHDI  Langsung  Gelar Pertemuan

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Belakangan ini mencuat aspirasi untuk mengganti nama Ibu Kota Bangli dari masyarakat. Sejumlah tokoh masyarakat, termasuk kalangan puri disebut-sebut telah mengsulkan sejumlah nama ke Bupati Bangli. Tidak ketinggalan, PHDI Bangli, Minggu (02/05/2021) menggelar pertemuan menyikapi wecana tersebut.Ketua PHDI Bangli I Nyoman Sukra  saat dikonfirmasi awak media, Minggu kemarin membenarkan pihaknya menggelar pertemuan untuk pembahas penamaan ibukota Kabupaten Bangli. “Kami tadi memang menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat, ada dan Dane Jro Gede Batur Mekalihan,” sebutnya.

Kata dia, dalam pertemuan itu  menghasilkan enam usulan untuk nama ibu kota Bangli. Yakni, Ranu Pura, Wijaya Nagari, Raktakara Pura, Nahamerta Pura, Singhamandawa dan Cintamani.  “Kami di PHDI tugasnya hanya menampung aspirasi dan masukan dari tokoh-tokoh itu,” ujarnya. Ditanya seberapa urgent pembahasan nama ibu kota Bangli, Sukra menjelaskan, dari hasil pertemuannya dengan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta lantaran ada usulan atau aspirasi dari masyarakat bawah. “Sebelumnya Puri Agung Bangli telah menelorkan tiga nama ibu kota Bangli,” bebernya.

Tiga nama yang sebelumnya diusulkan dari keluarga Puri Agung, yakni Arumpura, Prameswara Pura dan Sukha Pura. Disebutkan, usulan tiga nama itu sudah disampaikan di Pura Kehen. Saat itu dari pernyataan Bupati, tiga nama itu  tidak harus dipakai, boleh salah satu, boleh tidak. Tergantung Bupati dan kesepakatan masyarakat. “Atas dasar itulah, untuk menampung aspirasi lain dan menghindari adanya pertanyaan berlebih dari masyarakat, PHDI bersama majelis mempunyai inisiatif melakukan pembahasan usulan nama ibu kota Bangli,” jelasnya.

Pasca pertemuan yang berhasil menelorkan 6 usulan mana itu, kata Sukra, segera disampaikan kepada Bupati Bangli. Dijelaskan, semua nama yang diusulkan itu, tentunya mempunyai sumber data, prasasti dan dasar sastra serta purananya.  Dimana, sumber yang dipakai acuan dalam menentukan usulan nama ibukota Bangli, yakni Purana Pura Dalem Balingkang, Purana Kehen, Purana Bali Dwipa, Pustaka Bali, Babad Puri Agung Bangli, Purana Batu dan sebagainya. “Usulan yang mana akan diputuskan menjadi nama Ibu Kota Bangli, tentunya Bupati Bangli juga akan melakukan kajian lebih lanjut,”pungkasnya. *** Cahayamasnews.com/Agung Natha.

Facebook Comments