October 23, 2021
News

Bupati Karangasem I Gede Dana Hadiri Karya Agung Ngenteg Linggih di Pura Gumang

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wakil Bupati I Wayan Arta Dipa didampingi Sekda I Ketut Sedana Merta, menghadiri  Karya Agung Ngresi Ghana, Tabuh Gentuh, Labuh Gentuh, Nubung Pedagingan dan Ngenteg Linggih Mepeselang Pura Luhur Gumang Desa Adat, Minggu (19/9/2021). Pelaksana Karya Agung itu juga dihadiri oleh Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika dan Waka Polres Karangasem Kompol I Dewa Gede Anom Danujaya,

Bupati disambut Kelian Desa Adat Bugbug I Nyoman Purwa Ngurah Arsana beserta manggala prajuru adat Manca Desa, di antaranya dari Desa Adat Bugbug, Desa Adat Jasri, Desa Adat Bebandem, Desa Adat Ngis dan Desa Adat Datah, juga ahdir Kelian Desa Adat Tenganan Pegringsingan. Kelian Adat Desa Bugbug Karangasem I Nyoman Purwa Arsana mengatakan, mengingat pelaksanaan karya Agung Ngenteg Linggih di Pura Gumang ini di tengah pendemi, pihaknya mengaku memberlakukan dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin.

“Kami  Desa Adat Bugbug sudah membuat surat edaran tentang teknis pelaksanaannya dan juga menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan, yang dalam hal ini Desa Adat Bugbug melibatkan peran Satgas Gotong royong Desa Bugbug,” ujar Purwa Arsana juga anggota DPRD Provinsi Bali dari Fraksi PDI Perjuangan.

Kembali Arsana mengatakan, pelaksanaan Karya Agung Ngenteg Linggih di Pura Gumang itu, melibatkan pesemetonan Manca Desa, merupakan warih Ida sasuhunan yang berstana di Puncak Bukit Gumang, lebih dikenal dengan nama puncak Bukit Juru. Puncak Karya Agung itu akan berlangsung pada Selasa 20 September 2021 dan penyineban pada Jumat 2 Oktober 2021 mendatang.

“Terima kasih kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati Karangasem, Polres Karangasem, dan jajaran Pemda Kabupaten Karangasem yang telah berkenan hadir pada pelaksanaan Karya Agung Ngenteg Linggih Pura Luhur Gumang,” ujar Bupati Gede Dana seraya tak lupa juga sekaligus mengucapkan terima-kasih telah meminjamkan alat berat untuk penataan kawasan Sanghyang Ambu dan sekitarnya.

Bupati Karangasem I Gede Dana, mengaku bahagia bisa pedek tangkil ke Pura Luhur Gumang, dimana dirinya juga merupakan bagian dari masyarakat Manca Desa yang sangat luar biasa tersebut. “Hal yang sangat luar biasa telah diwariskan oleh leluhur kita, penglingsir kita, sehingga terjalin kekerabatan persaudaraan 5 desa adat di Karangasem yang disebut Manca Desa. Begini Agungnya apa yang diwariskan serta diajarkan oleh tetua-tetua terdahulu dalam menjalin kebersamaan, saling memiliki dan saling menjaga. Astungkare karya Ida Sasuhunan memargi antar rahayu,” ucap Gede Dana asal Desa Datah Abang.

Selanjutnya usai ngaturang sembah  bakti Bupati I Gede Dana menyerahkan punia dan diterima oleh prajuru desa, serta menyempatkan diri besama rombongan berkeliling di area pura yang kondisinya kini sudah lebih tertata. Selanjutnya rombongan berpamitan pulang dengan menuruni bukit Gumang hingga rombongan sampai di Gapura Sanghyang Ambu yang disebut sebut sebagai Gerbang Menuju Moksa. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments