October 23, 2021
News

Rayakan HUT Pertama, Pasikian Yowana Karangasem Gelar Bakti Sosial Mareresik dan Bagi Sembako

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Dalam  rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pasikian Yowana Desa Adat Provinsi Bali ke-1 merayakan dengan kegiatan bakti sosial yakni penyerahan paket sembako kepada para pemangku, pengempon, serta juga diisi dengan kegiatan merereaik (mebersih) di areal Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir,  Karangasem  (19/9/2021).

Kegiatan ini dimotori oleh Pasukan Yowana Desa Adat Karangasem, I Wayan Suartika di dampingi Penyarikan Yoana I Wayan Budiasa. bersama yowana seluruh kecamatan se- Kabupaten Karangasem,  kegiatan dihadiri Penglingsir Desa Adat Sogra,  Pemangku Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir dan STT Desa Adat Sogra

Kegiatan resik sampah pelastik menyasar kawasan suci di Pura Kahyangan Jagat Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem,  dipimpin oleh Pasikian Yowana Kabupaten Karangasem yang bersinergi dengan Yowana di Kecamatan Selat dan Sekaa Truna Giri Winangun.

Menurut I Wayan Budiasa yang merupakan Penyarikan Madya Pasikian Yowana Kabupaten Karangasem, menjelaskan, bahwasannya kegiatan ini digelar bertujuan untuk melindungi kawasan suci Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir dari ancaman sampah plastik yang diamati masih tersebar di sekitar areal kawasan pura.

“Sampah plastik yang kami temukan seperti, minuman kemasan, kantong kresek plastik, makanan ringan dari bahan plastik hingga styrofoam masih banyak kami temukan di sekitar kawasan Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir,” ujar I Wayan Budiasa sembari mengajak seluruh umat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di kawasan pura.

Sementara itu, Penyarikan Utama, I Ketut Bagus Arjana Wira Putra yang mewakili Manggala Pasikian Yowana Provinsi Bali menyambut baik kegotongroyongan Pasikian Yowana Kabupaten Karangasem, Kecamatan, hingga Sekaa Truna Giri Winangun yang telah peduli merawat lingkungan di kawasan suci ini.

Bendesa Adat Sogra Jro Mangku Sukra menyambut baik kegiatan yang dilakukan. “Titiyang  meminta kalau bisa kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan, mengingat tempat ini adalah milik kita semua,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Manggala Pasikian Yowana Kabupaten Karangasem terpilih, I Wayan Suartika bersama Prajuru Pasikian Yowana Bali juga menyerahkan bantuan 20 paket sembako yang bersumber dari Bupati Karangasem, Gede Dana, Forum Alumni KMHDI, dan Yayasan Tungked Werdha Bali yang diberikan kepada pemangku dan pengayah di Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, dengan harapan dapat meringankan beban ekonomi di masa pandemi ini. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments