November 27, 2021
News

Got Tersumbat, Banjir Terjang Kota Bangli

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Hujan deras yang mengguyur Kota Bangli, Senin (22/11/2021) menyebabkan Kota Bangli dikepung banjir. Normalisasi saluran drainase yang dilakukan Pemkab Bangli dengan anggaran milyaran rupiahsudah dilakukan. Banjir disebabkan draenase yang ada disebelah barat alun-alun Kapten Mudita saat truk yang membawa material untuk pembangunan sarat muatan sehingga sehingga jebol,akibatnya saluran tersumbat.

Pantauan di lokasi banjir tepatnya di depan Kantor Pemkab Bangli siang tadi, akibat  dampak hujan deras air meluap di Jalan Brigjen Ngurah Rai serta sejumlah ruas jalan lainnya. Tidak heran jalan yang membelah Kota Bangli menjadi sungai dadakan. Banyak kendaraan terlihat mogok terutama sepeda motor, sementara untuk menghindari banjir sejumlah pengendara terpaksa naik ke atas trotoar yang semestinya diperuntukan untuk pejalan kaki.

Ketut Sumada salah seorang warga  yang kebetulan sepeda motornya mogok habis direndam air setinggi lutut oramng dewasa  saat ditemui di lokasi mengatakan, meski telah dilakukan perbaikan drainase namun banjir masih menjadi juga terjadi Kota Bangli. Karenanya, dia meminta agar penyebab banjir ini secara tuntas. Terbukti, hujan hanya berlangsung sejam, jalan sudah menjadi sungai dadakan,”sebutnya.

Hal senada juga sempat dikatakan oleh  ibu-ibu yang kebetulan mau lewat yang tidak mau disebut namanya mengatakan, walaupun sedalam dan selebar bendungan dibuatkan saluran drainase jika masyarakat masih belum sadar membuang sampah sembarangan di saluran, tentunya tetap seperti ini. “Lambat laun saluran draenase akan tetap tersumbat tentunya menjadi beban bagi petugas kebersihan saat hujan turun,” ujarnya.

Pantauan tim media ini di lokasi, penyebab banjir di Kota Bangli akibat tersumbatnya draenase yang ada di sebelah barat alun-alun Kapten Mudita yang sedang dilaksanakan  pembangunan jebol sehingga saluran tersumbat. Luapan air ini juga disebabkan lantaran sampah menyumbat, sehingga  meluber ke jalan, kini sudah ditangani oleh  kontraktor.

Sementara kelanjutan proyek normalisasi drainase di Kota Bangli hingga Patung Adipura, Bebalang,  sedang berjalan hingga bulan Desember 2021. *** Cahayamasnews.com-Tim=NT.

Facebook Comments