November 26, 2021
News

Pemkab Karangasem dan Ditjen Perbendaharaan Teken MoU Terkait Pengelolaan Keuangan

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Pemerintah Kabupaten  Karangasem melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bali, Senin 22/11/2021 bertempat di Kantor Bupati Karangasem. Penandatangan MoU dihadiri dari Kakanwil DJPb Bali beserta rombongan, Asisten III, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Kepala Bagian terkait.

Kakanwil DJPb Bali, Teguh Dwi Nugroho,  mengatakan, penandatanganan MoU ini terkait pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. “Ada beberapa pemanfaatan bersama yang kita sepakati dalam MoU ini,” katanya.

Ia menyebutkan, pemanfaatan bersama data dan informasi keuangan publik di Kabupaten Karangasem meliputi penyaluran dana-dana APBN, penyelenggaraan kebijakan penguatan ekonomi kerakyatan melalui penyaluran Kredit Program, antara lain Kredit Usaha Rakyat (KUR), Pembiayaan Ultra Mikro (PUM), dan Kredit Usaha Mikro Kecil (KUMK), Penyaluran Subsidi, Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), maupun penyelenggaraan sistem pelaporan keuangan Pemerintah yang terkonsolidasi dalam rangka pemenuhan kewajiban pelaporan keuangan Pemerintah secara internasional sesuai persyaratan dalam Government Finance Statistic (GFS).

Sementara itu Bupati Gede Dana didampingi Wabup Artha Dipa, dalam arahanya meminta saran dan masukan untuk pemerintah daerah agar nantinya kerjasama program-program kementerian terhadap pemerintah daerah dan pusat dapat selaras, dan juga nantinya dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah  terarah dan terukur sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat Karangasem.

Data sekarang ini menjadi sangat penting, termasuk di antaranya data tentang pengelolaan keuangan seperti halnya bantuan-bantuan keuangan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. “Untuk itu Pemkab Karangasem bersama Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali meneken nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama pertukaran data pengelolaan keuangan,” terang Bupati Gede Dana. *** Cahayamasnews.com-Hms-Tim=01.

Facebook Comments