News

Sembahyang Bersama Awali Peringati Hari Jadi Kota Bangli ke-818

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Sebagai rasa syukur dan mohon kerahayuan jagat, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli melaksanakan persembahyangan bersama pada upacara “Mepiuning”untuk mengawali seluruh kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)ke 818 Kota Bangli persembahyangan dipimpin oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta yang dilakukan di beberapa Pura yang ada di Bangli, Senin (09/05/2022)

Sedana Arta pada kesempatan tersebut mengatakan sejak pandemi covid-19 di Bangli pada awal tahun 2020 lalu rangkian peringatan HUT Kota Bangli tertunda hingga saat ini perkembangan kasus penularan covid 19 melandai sudah masuk tahap indemi, kegiatan untuk memperingati HUT Kota Bangli kembali’ digelar dengan protokol kesehatan pada tahun ini memasuki usia ke 818.

“Mengawali seluruh kegiatan persembahyangan dibeberapa Pura yang ada di Bangli telah dilakukan untuk memohon kelancaran secara niskala, kami melakukan persembahyangan yang dinamakan upacara Mepiuning tentu tujuanya untuk berdoa memohon restu kepada Sang Hyang Widhi Wasa agar rangkian acara HUT Kota Bangli dapat berjalan lancar sesuai harapan kita Bersama,” katanya.

Perayaan HUT Kota Bangli digelar untuk membangkitkan kembali gairah masyarakat Bangli untuk menggerakkan ekonomi semenjak dilanda pandemi, tidak sedikit masyarakat yang terkena dampak perekonomian saat ini.

“Momentum inilah yang sangat tepat untuk bangkit (Jengah) bersama, sehingga dengan rangkian acara nanti, secara tidak langsung bisa memberikan semangat kepada masyarakat untuk bangkit dan berseri kembali seperti kehidupan sedia kala,” ujarnya.

Persembahyangan bersama dilakukan dengan Wakil Bupati Iwayan Diar,Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, Ketua TPPKK, Kabupaten Bangli Ketua GOW  Kabupaten Bangli dan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Bangli, diawali sejak pagi hari di Pura Kehen, kemudian Ke Tugu makam Pahlawan Penglipuran lanjut ke Pura Catur Dalem. Sementara Kabag Kesra Setda Bangli dalam laporannya mengatakan untuk kegiatan HUT Kota Bangli yang ke 818 yang diperingati tanggal 10 Mei 2022.

“Untuk upacara mepiuning tanggung jawab kami agar pelaksanaan acara dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama,adapun bakti yang dipersembahkan ke hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa pada upacara piuning Sorohan jangkep, pejati,” pungkasnya. *** Cahayamasnews.com-Tim=NT.

Facebook Comments