October 2, 2022
News

Terkait Viral Aksi Bule yang Membahayakan Keselamatan, PHRI Karangasem Sarankan Aparat Terkait Memberi Peringatan 

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Aksi bule yang viral di media sosial yang duduk di bagian pintu depan kiri sambil menari – nari dengan gaya layaknya di diskotik yang dilakukan di Jalan Sanghyang Ambu, Bugbug, Karangasem mendapatkan sorotan. Pasalnya, aksinya itu dapat membahayakan, baik terhadap dirinya sendiri maupun pengguna jalan lain. Selain  itu, juga ada bule yang diduga satu rombongan mengendarai sepeda motor berboncengan sambil memegang sebotol minuman. Terkait aksi bule tersebut Ketua PHRI Karangasem I Wayan Kariasa mengaku sangat menyayangkan aksi bule tersebut, dan tentunya mencoreng citra pariwisata di Karangasem kususnya dan Bali umumnya.

“Saya selaku PHRI meminta agar aparat penegak hukum terutama kepolisian harus segera melakukan tindakan mendeteksi bule tersebut untuk dapat ditegur ataupun hal yang harus dilakukan apakah tilang atau pembinaan terhadap bule-bule tersebut,” harap Kariasa.

Seharusnya bule-bule di Bali harus mentaati peraturan yang berlaku agar tidak seenaknya, karena  hal seperti itu bisa saja membahayakan dirinya sendiri maupun membahayakan orang lain. Kita saja selaku masyarakat lokal tertib, jangan sampai karena mereka tamu dibiarkan begitu saja.  “Yang terpenting bagi kami berharap kepada aparat terkait agar melakukan tindakan yang sesuai dengan peraturan berlalulintas yang ada di negara kita. Nah mengenai keberadaan bule itu menginap saya belum tau kepastiannya,” jelas Kariasa.

Adanya aksi bule di jalan raya itu, pihak Polsek Karangasem AKP I Putu Sunarcaya (21/9/2022) mengaku telah melakukan penyelidikan terhadap idenditas bule tersebut. Diinformasikan bahwasannya nomor polisi yang dikendarai oleh salah satu bule tersebut diketahui lokasinya berada di wilayah Denpasar yakni di kawasan Kerobokan, Kabupaten Badung.

“Sebenarnya prihal aksi bule tersebut sudah kami serahkan penanganannya ke pihak Satlantas Polres Karangasem. Mamang aksi bule tersebut sangat berbahaya, vidionya beredar pada hari Selasa 20 September 2022. Kemudian dari hasil penyelidikan, kita mendapatkan nomor polisi sepeda motor yang ada di belakang mobil tersebut kita perkirakan lokasinya berada di wilayah Jalan Umalas, Kerobokan, Badung,” ujar AKP Sunarcaya.

Sementara untuk nomor kendaraan mobil tersebut, pihaknya mengaku tidak bisa melakukan identifikasi karena kurang jelas. Namun dengan mengetahui nomor polisi sepeda motor tersebut yang diduga merupakan satu rombongan, pihaknya berharap bisa menjadi petunjuk untuk melakukan pendalaman sehingga bule tersebut bisa ditemukan. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments