News

DKPP Gelar Gemarikan, 2 Kwintal Ikan Segar Dibagikan Gratis untuk Warga Kota Singaraja

SINGARAJA (CAHAYAMASNEWS.COM). Puncak petayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Singaraja ke- 419, Kamis (30/3/2023) tampak berbeda. Kegiatan yang menjadi pembeda perayaan tahun ini adalah, digelar gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan-red). Gemarikan ini yang dipusatka di Lapangan Bhuana Patra Singaraja.

Pada gemarikan ini Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng menyiapkan sekitar 2 kwintal ikan segar hasil budidaya perikanan dari kelompok binaannya. Ikan segar ini disajikan dalam beragam olahan dan dibagikan secara gratis kepada warga.

Kepala DKPP Buleleng, Gede Putra Aryana mengatakan kegiatan gemar makan ikan ini adalah salah satu program DKPP serangkaian memperingati HUT Kota Singaraja tahun ini. Selain itu, kegiatan ini mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan dalam mewujudkan generasi cerdas, sehat dan kuat.

“Lewat kegiatan gemar makan ini kita harapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya makan ikan,” katanya.

Birokrat asal Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu itu menambahkan, hari ini kurang lebih 2 kwintal ikan diolah di sini untuk dibagikan secara gratis. Rinciannya, sebanyak 7.000 tusuk sate ikan dibagikan untuk masyarakat. Selain itu, sebanyak 600 voucher paket makanan olahan ikan untuk dibagikan kepada anak-anak panti asuhan dan SD di seputaran Kota Singaraja.

Ke depan, pihkanya berharap program ini bisa dilakukan kembali pada HUT RI nanti sambil menunggu anggaran yang tersedia. Sehingga kegiatan ini bisa dimanfaatkan secara baik dan berkesinambungan nantinya serta memberikan motivasi betapa pentingnya mengkonsumsiĀ ikan. *** CMNC=TIM-01.

Facebook Comments