News

Distribusi Bantuan STB TV Digital Capai 100 Persen

SINGARAJA (CAHAYAMASNEWS.COM). Distribusi bantuan perangkat Set Top Box (STB) Televisi (TV) Digital di Kabupaten Buleleng terealisasi 100 persen. Sebanyak 4.349 unit perangkat STB dari Pemerintah Pusat telah diterima warga kurang mampu tersebar di 7 kecamatan di Bali Utara. Dengan bantuan perangkat ini, dipastikan warga kurang mampu di Gumi Den Bukit sekarang dapat mengakses siaran TV digital dengan baik.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanti) Buleleng Ketut Suwarmawan, Senin (3/4/2023) mengatakan, sejak ditugaskan membagikan perangkat STB TV Digital, pihkanya bekerjasama dengan vendor yang ditunjuk oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI untuk mendistribusikan STB kepada penduduk kurang mampu. Sampai Maret 2023 yang lalu, pendistribusian perangkat ini telah mencapai 100 persen.

Rinciannya, 66 persen perangkat telah terkirim sesuai sasaran. Sisanya, 44 persen perangkat gagal diserahkan kepada penduduk yang berhak. Ini disebabkan karena penduduk yang bersangkutan belum memiliki TV. Selain itu, lokasi dimana penduduk tinggal belum terjangkau oleh sinyal TV digital. Ada juga alamat tinggal domisili yang bersangkutan tidak sesuai dengan alamat yang sudah terdaftar di P3KE.

“Mengatasi kendala ini, nantinya Pemrintah Daerah (Pemda) akan memvalidasi ulang faktor pendukung juga penyebab semua STB belum bisa di salurkan secara optimal,” katanya.

Di sisi lain, Kadiskominfosanti Ketut Suwarmawan menyebut, kalau masih ada penduduk yang merasa sudah terdaftar pada data P3KE, tetapi belum mendapat bantuan perangkat STB TV digital dipersilahkan menghubungi nomor WA 081-112-159-159. Atau bisa langsung cek melalui website cekbantuanstb.kominfo.go.id. (CMNC=TIM-01)

Facebook Comments