News

Dampak Bencana Karangasem Estimasi Kerugian 1 Miliar Lebih, BPBD Karangasem Ajukan Santunan Buat Korban Longsor di Ngis

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem sudah mengurus pengajuan pemberian santunan kepada korban meninggal tertimpa longsor beberapa waktu lalu di Banjar Ngis, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Karangasem. Perlu diketahui korban tertimpa longsor yang meuninggai  tertimbun longsor yakni Nyoman Ririg, bersama I Ketut Tunas 68 tahun bersama seorang cucunya bernama I Komang Aditya 15 tahun, sementara Nyoman Ririg mengalami patah tulang dan sempat menjalani perawatan akhirnya meninggal dunia,” ungkap Kepala Badan BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa, Jumat (14/7/2023).

Para korban longsor yang ketiganya meninggal itu, sudah kami ajukan permohonan santunan ke Gubernur Bali melalui BPBD Provinsi. Mengenai kelengkapan dokumen sudah jemput bola, dan dokumennya sudah dikirim ke BPBD provinsi untuk diproses lebih cepat dan sudah dilakukan dua hari lalu. Besaran santunan yang didapat setiap  korban meninggal sebesar Rp.15 juta per-korban. Sedangkan yang mengalami luka berat cacat tetap sebesar Rp. 20 juta.

Sementara pasca bencana longsor, banjir bandang hingga pohon timpang yang menimpa, rumah dan pura serta lainya. Dafi hasil aseamen oleh TIM BPBD Karangasem menurut data nilai kerugiannya sebesar Rp. 1.031.600.000. Adapun kerusakan yang di alami yakni pura peribadi 4 pura dan pura umum 3 pura, dan bangunan rumah sebanyak 32 unit baik kerusakan berat, sedang dan ringan juga tembok penyengker SD 5 Antiga Manggis.

“Kerusakan akibat bencana alam, kami juga telah mengusulkan untuk mendapatkan biaya perbaikan, namun kerusakan yang kami usulkan yakni kerusakan berat dan sedang, baik bangunan rumah termasuk pura umum dan peribadi yang rusak berat dan sedang. Sementara kerusakan ringan tidak diusulkan. Dan usulan tersebut ke Gubernur Bali melalui BPBD Provinsi,” ujar Ida Bagus Ketut Arimbawa. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments