News

Maksimalkan Pelayanan Program AJP dan Jemput Jenasah, Tahun 2024 Bupati Gede Dana Bakal Tambah Dua Rayon

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Layanan Antar Jemput Pasien (AJP) dan jemut jenasah yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Karangasem, sampai saat ini cukup digembari dan mendapat apresiasi dari masyarakat. Untuk memaksimalkan pelayanan program AJP tersebut berjalan lebih baik, Bupati Gede Dana engaku bakal menambah dua rayon di dua kecamatan.  Hal tersebut disampaikan Bupati Karangasem I Gede Dana saat mengumpulkan semua petugas AJP di Wantilan Kantor Bupati Kaangasem, Sabtu (29/7/2023).

Hadir juga mendampingi bupati, Wakil Bupati I Wayan Arta Dipa dan Sekda I Ketut Sedana Merta serta OPD terkait. Bupati Gede Dana menambahkan, program AJP ini penting dan sangat dibutuhkan masyarakat banyaknya permintaan masyarakat terhadap pelayanan tersebut. Hal itu terbukti, dalam sebulan saja permintaan mencapai 2.100, dan penjemputan jenazah selama sebulan berjumlah 47 jenazah.

“Melihat permintaan cukup tinggi, dan supaya program tetap berjalan maksimal serta tidak ada kendala, sehingga kami terus melakukan evaluasi. Bertujuan untuk pengetahui dimana kekurangan perbaikan system yang perlu disempurnakan. Astungkara sampai saat ini tidak ada kendala dan semua berjalan baik. Namun yang namanya kendala pasti ada, salah satu contoh pada penjemputan pasien, dikarenakan permintaan cukup tinggi, sehingga terjadi keterlambatan penjemputan,” ujarnya.

Program paling favorit di mata masyarakat, di tahun 2024 Gede Dana telah merencakan akan menambah dua rayon lagi, yakni Rayon Rendang dan Karangasem. Walaupun di Kecamatan Rendang penduduknya sedikit, namun permintaan layanan AJP, di Rendang cukup tinggi, sementara di Karangasem penambahan untuk layanan di Seraya Barat, Tengah, dan Timur.

“AJP  terus kami evaluasi, termasuk sistem permintaan masyarakat untuk penjemputannya, saat ini ketika masyarakat  memerlukan AJP biasnya menghubungi kepala dusun juga. Ke depan kami meminta ada tokoh masyarakat yang mau dihubungi untuk meneruskan ke 119. Tujuannya kami ingin melibatkan tokoh jika masyarakat menghubungi yang lain tidak bisa nyambungin jadi alternatifnya menghubungi tokoh tersebut,” tegas Bupati Gede Dana.

Ditegaskan Bupai Gede Dana, bahwasannya layanan AJP tetap melayani keluar daerah jikalau di sini (rumah sakit-red) Karangasem belum bisa memberikan pelayanan kesehatan. Pihaknya mengaku bakal terus melakukan pembenahan, baik dari sisi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat maupun pelayanan kesehatan di rumah sakit.

“Kami berharap ke depan program AJB ini bisa berjan sesuai harapan bersama, untukmewujudkannya diperlukan peran serta semua pihak terkait,” imbuh Bupati Gede Dana. *** Cahayamasnews.com/Tim-01.

 

Facebook Comments