News

Tebing Longsor Dua Pekerja Tewas Tertimbun, Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Tebing longsor di aliran sungai Banjar Kemoning, Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem Senin (11/9/2023), mengakibatkan 2 orang pekerja penambang batu padas tertimbun longsor. Para korban melakukan galian secara manual di tanah milik warga. Data yang didapat BPBD Kab. Karangasem, atas peristiwa tersebut semua korban berasal dari Banjar Kemuning di antaranya; I Ketut Sueca (40 tahun), meninggal dunia di RSUD Karangasem, I Kadek Pasek (37 tahun) dan I Kadek Berata (44 tahun), tertimbun dan meninggal, sementara I Kadek Berata (34 tahun),  mengalami luka ringan serta I Kadek Suardika (20 tahun) selamat.

Kepala Badan (Kaban) BPBD Kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa saat di hubungi mengatakan, setelah kami menerima laporan dari perbekel setempat, bahwa terjadi peristiwa longsor, setelah melakukan koordinasi dengan SAR Karangasem dan Puskesmas Bebandem, bersama-sama langsung turun ke lokasi melakukan evakuasi terhadap korban yang tertimbun. Saat melakukan evakuasi Tim TRC BPBD dan SAR Karangasem dibantu oleh jajaran TNI, Kepolisian, juga dibantu oleh warga setempat.

“Saat proses evakuasi tim melakukan penggalian pada material longsor yang menimbun korban di bantu dengan alat berat (excavator) dan semua korban berhasil dievakuasi,” jelas Arimbawa seraya menambahkan, sesuai pengakuan yang selamat bahwa pada pukul 09:00 wita, korban bersama – sama melaksanakan penggalian mencari batu padas dengan membuat goa di tebing. Dan goa yang dibuat baru sekitar 2 meter dan baru dapat bekerja selama 2 jam. Kemudian sekitar pukul 11.00 wita tanah di atas goa tiba – tiba jatuh dan menimpa korban.

“Jadi kejadian longsor ini murni kecelakaan kerja karena menggali mencari batu di punggung tebing dalam kondisi tanah labil,” ujarnya sembari mengimbau untuk selalu berhati-hati saat melakukan penggalian serta memperhatikan medannya. *** Cahayamasnews.com/Tim-01.

 

Facebook Comments