News

Bupati Tabanan Puji Kekompakan Krama Dajan Peken Dalam Membangun Yadnya

TABANAN (CAHAYAMASNEWS.COM). Mengawali tahun 2024 yang penuh suka cita, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M., terus upayakan wujudkan komitmennya dan kesungguhan Pemerintah Daerah dalam mendukung serta memelihara keberagaman budaya dan spiritualitas, khususnya di Kabupaten Tabanan. Seperti halnya hari ini, Rabu (3/1/2024), menghadiri undangan Ngupasaksi Karya Dewa Yadnya Melaspas di Pura Batur Pande, Banjar Pande, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan.

Kehadiran Orang Nomor satu di Tabanan pagi itu, juga turut serta mengajak salah satu Anggota DPRD Provinsi Bali I Made Supartha, juga Anggota DPRD Tabanan, Ni Made Rahayuni. Nampak turut hadir para Asisten, para Kepala Bagian, jajaran Pimpinan OPD terkait dan Camat Tabanan yang turut serta aktif turun dalam berbagai kegiatan masyarakat. Kehadiran Sanjaya beserta jajaran mendapat antusias dari krama setempat

Pada puncak acara Pemelaspasan Pura Batur Pande tersebut, usai meninjau kondisi bangunan yang baru di renovasi di seputar areal Pura, Bupati Sanjaya memberikan apresiasi akan perjuangan dan usaha Krama Banjar Pande untuk membangun Parahyangan, khususnya Pura Batur Pande dalam membangun infrastruktur sebagai perwujudan dalam membangun Tabanan menuju Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani.

“Salah satu pelayanan kita di Pemda melalui titiang dan teman-teman DPR, salah satu bukti bagaimana kita melayani masyarakat adalah melalui Banjar Pande ini. Belum lagi ada sekitar 1500-an Banjar yang ada di seluruh Kabupaten Tabanan yang kita layani dengan sepenuh hati. Apa yang diperlukan oleh masyarakat Banjar Adat, Banjar Dinas, ada yang menginginkan Bale Banjar, Pura Batur, Dadya, semua keinginan, Parahyangan, Pawongan, Palemahan, baik Karya Pitra Yadnya, Manusa Yadnya, Rsi Yadnya, dan Butha Yadnya, Dewa Yadnya semua itu menjadi tanggungjawab kita bersama untuk ikut, ngerumbug, ikut bergotong-royong hadir ditengah-tengah masyarakat yang tujuannya untuk meringankan beban peson-peson masyarakat,” ujar Sanjaya.

Bupati Sanjaya, dalam partisipasinya pada upacara yang sarat makna ini menekankan pentingnya menjaga kekompakan dan persatuan dalam masyarakat, serta perwujudan esensi Yadnya yang satwika. Usai memberikan sambutannya, pihaknya beserta jajaran sempatkan memberikan dukungan kepada krama dan melanjutkan kegiatan dengan persembahyangan bersama yang berlangsung khusuk sebagai wujud komitmennya untuk terus mendukung dan mempromosikan keberlangsungan praktik-praktik keagamaan dan adat yang telah mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Di kesempatan yang sama Made Rusdianta selaku Panitia/Ketua Pura mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Sanjaya beserta jajaran yang sudah hadir dan menyaksikan upacara, sekaligus atas bantuan yang telah diberikan dari berbagai pihak sehingga proses pembangunan dan renovasi Pura Batur ini dapat terselesaikan dengan baik. *** CMN/Prokopimtabanan,-

Facebook Comments