News

Bahas Karya Agung Tawur Labuh Gentuh, Bupati Dana dan Wabup Artha Dipa Terima Audiensi Prajuru Pura Pasar Agung Selat

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Bupati Karangasem I Gede Dana dan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadis Budpar) dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra), menerima audiensi dari Prajuru Pura Pasar Agung Selat, Senin (20/5/2024) di Kantor Bupati Karangasem. Rombongan yang dipimpin oleh Camat Selat I Ketut Riatma ini bertujuan untuk membahas pelaksanaan Upacara Karya Agung Tawur Labuh Gentuh Nubung Pedagingan di Pura Pasar Agung Selat.

Camat Selat, Riatma menyampaikan, pelaksanaan Karya Agung di Pura Pasar Agung telah dimulai sejak 3 Januari 2024, diawali dengan upacara Ngaku Agem Karya dan Mejaya-jaya Prawataka. Rangkaian acara akan mencapai puncaknya pada 16 November 2024 dengan acara Mepeselang, Mapagrayungan, Mepedanaan, dan Mepekelem yang jatuh pada Saniscara Paing Merakih. Selanjutnya, akan diadakan acara Nganyarin dari pemerintah kabupaten se-Provinsi Bali yang berlangsung dari 17 hingga 27 November 2024, dan ditutup dengan upacara Nyineb pada 27 November 2024.

Audiensi yang berlangsung di ruang rapat Bupati pada hari Senin, 20 Mei 2024, diterima dengan baik oleh Bupati dan Wakil Bupati. Pemerintah Kabupaten Karangasem berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan Karya Agung ini dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan seperti potabel, air bersih, dan tempat sampah.

“Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan kelancaran dan kesucian upacara yang sangat penting ini. Kami berharap dukungan ini dapat membantu para prajuru dan masyarakat dalam melaksanakan rangkaian upacara dengan baik,” ujar Bupati I Gede Dana.

Sementara itu, Wabup Artha Dipa menyampaikan harapan agar Upacara Karya Agung Tawur Labuh Gentuh Nubung Pedagingan ini dapat berjalan lancar dan sukses, dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan partisipasi aktif masyarakat. *** CMN=Prokopim/Tim.

Facebook Comments