News

Wabup Diar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung IKM Bambu

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Wabup Bangli I Wayan Diar melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sentra Idustri Kecil Menengah (IKM)  Bambu di wilayah Kecamatan Susut. Kamis (11/7/2024) yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangli beserta jajaran, Pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli, konsultan perencana, pelaksana dan pengawas.

Kadis Perindag Kabupaten Bangli, I Wayan Gunawan dalam laporannya menyampaikan, pembangunan Gedung Sentra Idustri Kecil Menengah (IKM) Bambu di wilayah Kecamatan Susut. Ini dilatar belakangi kebutuhan dari para pengrajin bambu khususnya di Kecamatan Susut akan sarana prasana hasil kerajinan bambu salah satu produk keunggulan Kabupaten Bangli yang sudah terkenal didalam negeri maupun di luar negeri.

Untuk mengatasi permasalah tersebut Pemerintah Kabupaten Bangli berupaya mengajukan permohonan dana pembanguan sentra IKM bambu sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindustrian RI sebesar Rp. 5 Miliar.  Yang mana, proses tender kegiatan telah kelar dan telah dilakukan tanda tangan kontrak dengan penyedia per 26 Juni 2024.

“Tender kegiatan dimenangkan oleh CV Nedeng Sari dengan nilai kontrak Rp 3.561.305.614. Proses awal pembanguan pihak rekanan telah melakukan pematangan lahan diatas lahan milik Pemkab Bangli,” ujarnya

Sedangkan Wakil Bupati Bangliusai acara  menekankan kualitas  dan variasi kerajinan ini perlu ditingkatkan, sehingga betul-betul kerajinan yang keluar dari sentra bambu ini memang satu diminati oleh masyarakat kedua bisa bersaing di pasaran Apakah pasaran Bali bahkan nanti kita harapkan sebagai pusat pasar regional dan pasar internasional juga bisa datang ke Centra bambu yang dimiliki ini, tentu ini dibangun memang melihat dari potensi-potensi yang ada di Bangli.

“Dipilihnya Kecamatan Susut karena banyak masyarakat dan pelaku pengrajin bambu, saya sudah tegaskan kepada pengampu ini memang betul-betul bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kehadiran ini agar betul-betul bisa bermanfaat dan dapat digunakan dengan baik sebagai sentra kerajinan bambu,” ujarnya

Lanjut Wabup Diar juga menegaskan kepada konsultan pengawas agar selalu bersinergi dalam pelaksanaan pembangunan ini, agar mendapatkan hasil sesuai dengan perencanaan, agar nantinya dapat mensejahterakan seluruh masyarakat Bangli. *** CMN=Tim-NT.

Facebook Comments