October 24, 2024
News

Sikapi PMK Serang Ternak Sapi di Karangasem, Ketua DPRD Minta Instansi Terkait Reaksi Cepat Cegah Penyebaran Makin Meluas

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Untuk mencegah lebih meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang kini mulai menyerang ternak sapi di Kabupaten Karangasem, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Wayan Suastika berharap intansi pemerintah terkait melakukan reaksi cepat turun ke lapangan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan sekaligus melakukan penanganan sapi-sapi yang dinyatakan positif. Hal itu diungkapkannya saat dikomfirmasi Senin (4/7/2022).

Lebih lanjut dikatakan, pencegahan tersebut terutama dilakukan di pasar hewan yang ada di Karangasem, disamping itu juga turun ke peternak langsung melakukan pengecekan terhadap ternak sapi milik warga, untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas.

“Kami berharap dinas terkait segera melakukan langkah-langkah antisipasi melakukan pengecekan ke peterak langsung, jangan menunggu laporan dari warga dan atau bahkan menunggu ada korban dulu. Langkah-langkah pencegahan dimaksud seperti melakukan penyemprotan pada kandang sapi, vaksinasi, serta memberikan edukasi kepada para peternak dalam hal cara penanggulangan penyebaran virus PMK tersebut,” ujarnya.

Ketua DPRD Wayan Suastika menambahkan, hal ini harus mendapatkan penanganan yang serius oleh dinas terkait mulai dari hewan yang terjangkit hingga penelusuran darimana penyebaran penyakit tersebut, sehingga bisa dilakukan langkah – langkah antisipasi.  Jika ada ditemukan kasus khususnya di Pasar Hewan agar dilakukan look down selama beberapa hari untuk memutus penularan penyakit tersebut.

“Kami di lembaga dewan belum mengarah akan melakukan rapat kerja, melainkan masih melihat perkembangan lebih jauh virus dimaksud untuk beberapa hari ke depan.  Jika nantinya ditemukan kendala atau permasalahan yang lebih serius  dan bersifat urgen di lapangan  baru kita lakukan rapat kerja,” ungkap Suastika. *** Cahayamasnews.com=Tim-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!