October 23, 2024
News

Seorang Nelayan Asal Lean Bunutan Terdampar di Lombok Utara, Gede Latra telah Kembali dengan Selamat

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Akibat cuaca buruk seorang nelayan bernama I Gede Latra asal Dusun Lean, Desa Bunutan, Kabupaten Karangasem ditemukan terdampar hingga ke pulau Lombok  Utara, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Dusun  Sire Lauk. Informasi terdamparnya nelayan asal Bunutan itu didapat dari sebuah akun facebook dan kini korban telah kembali dengan selamat

Disana tertulis;  “Tolong…bagi yang kenal dengan bapak ini. Namanya I Gede Latra berasal dari Dusun Lean Desa Bunutan, Kecamatan Abang Karangasem Bali. Bapak ini seorang nelayan berangkat kemarin sekitar pukul 2 wita, namun akibat cuaca buruk akhirnya kesasar hingga ke Lombok Utara, tepatnya di Dusun Sira dan saat ini beliau berada di rumah saya. (di rumah Kadus Sira). Sekarang beliau mau pulang, namun terkendala cuaca buruk. Oleh karena itu mungkin ada keluarga atau instansi terkait yang kenal dengan bapak ini, mohon dibantu untuk di antar pulang,” demikian pesan singkatnya.

Saat dikonfirmasi mengenai informaai di akun, Perbekel Desa Bunutan I Made Suparwata  Senin 18/1/2021 membenarkan bahwa warganya bernama I Gede Latra yang berprofesi sebagai nelayan asal Dusun Lean tersebut berlabuh di kawasan Lombok. Atas kejadian tersebut, pihak keluarga telah melakukan konfirmasi ke Lombok, dan nanti mau dijemput.

Nelayan tersebut sesuai informasi yang diperoleh turun melaut pada Minggu 17 Januari 2021 sekitar pukul 14.00 Wita. Namun diduga pada saat aktivitas melaut, terjadi cuaca buruk hingga akhirnya ia berlabuh di kawasan Lombok Utara dalam keadaan selamat. “Sekarang pihak keluarga sudah dilakukan koordinasi oleh pihak keluarga yang bersangkutan, dan pihak keluarga berencana akan menjemput menggunakan perahu,” ujar Suparwata.

Akhirnya pada hari Senin 18/1/2021 sore, nelayan tersebut pulang dengan selamat dengan dijemput langsung oleh pihak keluarga dengan menggunakan jukung. Latra tiba di pesisir Bunutan sekitar pukul 17,00 wita menaiki perahunya sendiri yang dijemput oleh keluarganya yang juga nelayan sampai dipertengahan laut lepas.

“Warga kami nelayan yang sempat terdampar di Lombok Utara sudah kembali dengan selamat sekitar pukul 17.00 wita dijemput oleh keluarganya dengan jukung,” ungkap Kepala Desa Bunutan, I Made Suparwata. Terkait kejadian itu, pihak keluarga sempat melakukan upaya pencarian karena diduga hilang saat melaut, sampai akhirnya diperoleh informasi, bahwa yang bersangkutan berlabuh di Lombok Utara karena cuaca buruk. *** Cahayamasnews.com/Tim-01

Facebook Comments

error: Content is protected !!