Bali

“Bupati Suwirta hadiri Pengukuhan ST Desa Eka Yowana”

SEMARAPURA (NUANSA BALI).  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta menghadiri Pengukuhan ST Desa Eka Yowana Desa Adat Selat bertempat di Jaba Pura Dalem Desa Selat Klungkung, Selasa (13/08). Bendesa Desa Adat Selat Kadek Jiwa dalam sambutannya menyampaikan, agar ST Desa Eka Yowana Dapat menjalankan Swadarmaning dalam beragama dan menjalankan adat istiadat yang ada di Desa Selat, Karena Sekaa Teruna merupakan tulang punggung dari masyarakat Desa. Kadek Jiwa meminta kepada Sekaa Teruna untuk aktif dalam segala kegiatan yang dilaksanakan di Desa Selat.

Anggota ST Desa Eka Yowana Desa Adat Selat berjumlah 150 orang, terdiri dari sekaa teruna dari empat banjar yakni Banjar Jeroan, Banjar Tengah, Banjar Pande, dan Banjar Palak. Dengan Ketua ST yakni Gusti Lanang Agus Surya Herawan. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan, Sekaa Teruna sebagai generasi penerus di krama banjar, agar dipersiapkan dengan baik oleh krama banjar. Bupati Suwirta mengapresiasi adanya penggabungan beberapa sekaa teruna di banjar menjadi satu Sekaa Teruna Desa Adat Selat. Guna mengoptimalkan banjar yang memiliki jumlah anggota sedikit, misalkan 25 orang sekaa teruna dalam suatu banjar. Bupati Suwirta meminta kepada Majelis Madya dan Majelis Alit Kabupaten Klungkung agar mendata ulang keberadaan Sekaa Teruna, supaya desa, kecamatan, dan kabupaten dapat menyiapkan anggaran untuk melaksanakan kegiatan positif.

Bupati Suwirta juga mensosialisasikan Program Keluarga Berencana, dimana program tersebut merupakan program untuk masyarakat yang sudah berkeluarga agar dapat mempersiapkan masa depan anak-anak, baik dari anak baru lahir sampai menikah. Pun mensosialisasikan beberapa Perda yakni Perda ketertiban umum, KTR, dan Perda Sampah dan Perda lainnya kepada masyarakat di Desa Selat. Kegiatan itu dihadiri Camat Klungkung I Komang Gde Wisnuadi, Ketua MMDP Klungkung Dewa Made Tirta, Bendesa Alit Majelis Desa Pakraman Kecamatan Klungkung, I Wayan Sutena, serta dimeriahkan berbagai hiburan, diantaranya Tari Condong, Tari Kembang Girang, Tari Margepati, Tari tenun, dan hiburan lainnya. *** nuansabali.com/Humasklk/Cok.

Facebook Comments