News

Siapkan Generasi Cerdas Berkualitas, Wabup Artha Dipa Ajak Anak Gemar Makan Ikan

AMLAPURA (NUANSA BALI). Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengajak masyarakat terutama anak-anak untuk gemar makan ikan melalui kegiatan Gemarikan (Gerakan Makan Ikan) dan Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah (PMTAS), Selasa (20/8/2019) bertempat di Wantilan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Rendang. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Perikanan Kabupaten Karangasem bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali itu, bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Wabup Artha Dipa mengatakan, ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak, sehingga masyarakat khususnya anak-anak perlu didorong untuk gemar makan ikan. “Ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi, mengandung omega 3 yang cukup baik bagi kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden period atau 1.000 Hari Pertama Kehidupan, termasuk, sangat baik bagi ibu pada periode persiapan kehamilan, masa kehamilan, hingga memberikan ASI,” kata Bupati.

Melalui berbagai kegiatan Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Bupati juga berharap, keberadaan forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati No. 291/HK/2017,  bisa menjadi garda terdepan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan sekaligus pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat Kabupaten Karangasem. “Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi kedepan akan menjadi pemimpin-pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh  dalam menghadapi tantangan,” ujar Wabup.

Presiden kita telah mencanangkan Indonesia menjadi Poros Maritim. Untuk itu diperlukan kerja keras untuk memacu tingkat konsumsi ikan masyarakat. Pemerintah Kabupaten terus mengupayakan agar masyarakat Karangasem semakin gemar mengkonsumsi ikan air tawar, apapun jenis ikan tersebut. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karangasem  I Ketut Artama,  melaporkan berdasarkan data potensi perikanan budidaya di Kabupaten Karangasem di kolam mencapai kira-kira sebanyak 225 ha , di tambak sebanyak 90 ha, mina padi 7300 ha. Total produksi perikanan di Kabupaten Karangasem tahun 2017 sebesar 24,9 ribu ton, dengan nilai lebih dari Rp. 323 milyar.

Meski memiliki panjang pantai kurang lebih 87 km dan hasil produksi perikanan yang melimpah, namun masih sedikit masyarakat Karangasem yang mengkonsumsi ikan per kg per-kapita per-tahun adalah sebanyak 32 kg. Sedangkan target Nasional Konsumsi Ikan mencapai 47 Kg perkapita pertahun.  Untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui kegiatan gemar makan ikan yang dilaksanakan saat ini,” katanya. Kegiatan yang dilaksanakan dalam Gemarikan melalui pemberian makanan tambahan untuk anak sekolah (PMTAS) antara lain untuk 200 siswa siswi SDN 1 Rendang, SDN 4 Rendang, SDN 5 Rendang dan SDN 1  Menanga. Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem,Camat Rendang, Kepala Polsek Rendang, seluruh Anggota FORIKAN Kabupaten Karangasem, kepala sekolah bersama guru-guru dan murid-murid peserta GEMARIKAN.

Facebook Comments