News

Sekda Sambut Rombongan Kunjungan Mentri BUMN RI

DENPASAR (CAHAYAMAS). Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung menerima Rombongan Kunjungan kementerian yang dipimpin Menteri BUMN Republik Indonesia Ny. Rini Sumarno di Kabupaten Klungkung dalam rangka Peresmian Idescafé secara nasional bertempat di Desa Adat Sidayu Tojan, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan. Selasa (10/9).

Direktur Utama Icon Plus Hikmat Drajat dalam laporannya menyatakan, bahwa Warung Internet Desa (Idescafe) bertujuan agar wilayah Pedesaan dapat mengakses informasi dengan menggunakan internet. “Idescafe memiliki keunikan tersendiri, yakni dimana ada tiang listrik maka disana idescafe dapat digunakan,” ujarnya. Idescafe merupakan sharing economy model untuk membangun digital platform untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Idescafe yang terdapat di Kabupaten Klungkung merupakan hasil kerjasama antara pihak Icon Plus dengan Pemkab Klungkung terkait hak akses menggunakan jaringan bersifat public. Dalam sambutan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang dibacakan Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra menyampaikan bahwa pemerintah dan masyarakat Kabupaten Klungkung  menyambut baik penyelenggaraan acara ini di Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta, mengharapkan dengan adanya Warung Internet Desa (Idescafe) ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan terkini, serta membantu penyelenggaraan pemerintah di tingkat desa sampai ke kabupaten. Dengan adanya Warung Internet Desa ini, masyarakat tidak hanya mendapatkan informasi melainkan dapat menginformasikan potensi yang dimilik, sehingga akan membuka peluang usaha ekonomi bagi masyarakat di Pedesaan.  Bupati Suwirta mengharapkan mudah-mudahan desa di Nusa Penida yakni Desa Sekartaji, Desa Suana, Desa Klumpu, dan Desa Batu Kandik yang mengalami keadaan tanpa signal (blank Spot) dapat segera diatasi. Hingga saat ini di Kabupaten Klungkung terdapat 22 Menara Base Transceiver Staton (BTS) yang telah dibangun di wilayah Nusa penida.

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menambahkan, bahwa Program ini sangat bagus, dan bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Klungkung. Program ini sudah sejalan dengan RPJMD Kabupaten, Provinsi. Pemkab Klungkung mendukung pelaksanaan program ini yang sejalan dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia.  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ny. Rini Sumarno menyampaikan, bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selalu menekankan bahwa Pemerintah Pusat harus membangun dari daerah pinggiran dengan tujuan adalah bagaimana dari desa masuk kota.  Program ini tak terlepas dari Program Presiden Joko Widodo, yakni mengenai melakukan konektivitas terkait infrastruktur komunikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam melakukan komunikasi dan memasarkan barang usahanya dengan lebih mudah.

Diakhir Kunjungannya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Ny. Rini Sumarno beserta rombongan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra melakukan kunjungan ke Museum Gunarsa Klungkung. Acara Peresmian dihadiri juga Direktur TI Icon+ Ardian Cholid, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali Ir. Nyoman Sujaya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Klungkung, Wayan Parna, Camat Perbekel Desa Takmung Nyoman Mudita, Para Anggota Mekaar BRI, dan Masyarakat setempat serta undangan terkait lainnya. *** Cahayamas/ Humasklk/Cok.

Facebook Comments