News

PENGURUS DPW MOI PROVINSI BALI, RESMI DIKUKUHKAN DAN DILANTIK

BADUNG (CAHAYAMASNEWS). Bertempat di Best Western Hotel Kuta Bali, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Media Online Indonesia Provinsi Bali periode 2019 – 2024 yang dipercayakan kepada Ignasius Igo Kleden resmi dilantik. Acara pelantikan yang dikemas dalam suasana penuh kekeluargaan itu dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP MOI, Rudi Sembiring Meliala, Kamis (26/9) 2019. Pelantikan itu berdasarkan SK DPP MOI No : 072/DPP/SK-DPW/IX/19 yang dibacakan oleh Sekjen DPP MOI, Eddy Prabowo. Pelantikan itu ditandai penyerahan Pataka Media Online Indonesia dari Rudi Meliala Sembiring kepada Igo Kleden yang resmi dipercaya memimpin organisasi ini hingga 5 tahun ke depan.

Sebelum acara puncak pelantikan pengurus DPW MOI Bali periode 2019 – 2024 ini dilakukan, juga diisi dengan pelaksanaan Diskusi Terbatas bertemakan “Peran Media Massa dalam Memerangi Sampah Plastik untuk Menunjang Pariwisata Bali. Hal ini dilakukan untuk menggaungkan bahaya sampah plastik bagi keberlangsungan kelestarian alam lingkungan beserta isinya. Dalam diskusi terbatas tersebut panitia menghadirkan 3 pembicara yakni Ketua DPP MOI Pusat, Rudi Sembiring Meliala, Staf Ahli Gubernur Bali, Budi Adnyana, SH.MH.CLA dan Dr. Ir. Titik Wurdiningsih, M.Si. dari BPD ASHL Unda Anyar dan dipandu oleh wartawan senior Djoko Moeljono yang juga duduk sebagai penasehat di MOI Provinsi Bali ini.

Diskusi berlangsung hangat, berbagai pertanyaan, saran disampaikan peserta diskusi. Bahkan saking menariknya, pertanyaan yang awalnya dibatasi 3 penanya, namun diberikan kesempatan hingga 5 orang.  Semua narasumber pada intinya mengajak awak media untuk bersama-sama terus menggaungkan bahaya sampah plastik bagi keberlangsungan kehidupan, sehingga diharapkan akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut mendukung dan mengaplikasikan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dengan terus secara berkelanjutan memerangi sampah plastik, guna menyelamatkan alam lingkungan dan kehidupan semua makhluk di alam semesta ini. Diskusi berlangsung sangat menarik dan para peserta sepakat untuk bersama-sama memerangi sampah plastik yang akan dimulai dengan mengedukasi diri sendiri.

Dalam pelantikan tersebut menetapkan kepengurusan DPW MOI Propinsi Bali periode 2019 -2024 di antaranya; Pembina: I Nyoman Budi Adnyana SH, MA, CLA., Penasehat: Djoko Moeljono & Arnold Dhae, Ketua: Ignasius Igo Kleden, Sekretaris: Gede Apgandhi Pranata, dan Bendahara: Horacio Canto. Ketua MOI Bali, Igo Kleden dalam keterangan persnya mengatakan, akan berusaha semaksimal mungkin bersama pengurus yang lain untuk membangun sinergi dengan berbagai pihak di Bali, agar bersama – sama berkontribusi positif bagi perkembangan pembangunan Bali ke depan. “Kami akan berupaya membangun kerjasama yang harmonis dengan pemerintah Provinsi Bali, stakeholder lain, dan tentunya dengan masyarakat dan itu merupakan sebuah keharusan. Disamping juga yang menjadi prioritas kami adalah berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anggota di dalam pengelolaan media online di Bali khususnya,” ujar Igo Kleden menjelaskan. “Saya berusaha merangkul bagi siapapun yang ingin bergabung di MOI Bali ini, dan terus melakukan sosialisasi sehingga MOP Bali semakin dikenal di Bali khususnya.  Saya yakin ketika mereka dengar ada MOI Bali pasti akan mau bergabung,” katanya.

Sementara Ketua Umum DPP MOI Pusat, Rudi Sembiring Meliala menjelaskan, pelantikan tidak perlu mewah-mewah, yang sederhana saja tidak apa apa, asalkan ada komitmen dari pengurus dan anggota untuk memajukan organisasi ini. “Saya berharap pimpinan bersama pengurus MOI Bali mampu membangun kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak, karena itu sangat penting dilakukan. Saya pribadi mengapresiasi dalam rangka melestarikan alam Bali, DPW MOI Bali melakukan penandatanganan MoU dengan berbagai pihak di antaranya dengan Rotary Club Bali Benoa, PERADI Bali dan BPD ASHL Unda Anyar. Ini sangat luar biasa,” tegas  Rudi Sembiring Meliala seraya berharap hal ini agar terus dilakukan DPW MOI Bali dengan berbagai pihak lainnya seperti Polda Bali, Infokom dan mitra strategis lainnya. “Saya senang sekali dengan acara hari ini dan saya akan sampaikan kepada seluruh DPW di seluruh Indonesia untuk melakukan diskusi-diskusi terbatas seperti ini yang dipadukan dengan acara pelantikan,” imbuhnya. Pada kesempatan itu pihaknya juga berharap DPW MOI Bali bisa hadir saat Rakernas I MOI pada 7-8 November 2019 yang berlangsung di Jakarta.

Pelantikan itu dihadiri Sekjen DPP MOI, Eddy Prabowo, Tokoh Pariwisata Bali, Made Karang, Kapendam IX Udayana sekaligus menyampaikan dukungan dari Pangdam, Danrem, Danlanal, dan juga Dandim atas keberadaan DPW MOI Bali, Kasubag Humas Polda Bali, Kepala Ombudman Bali, Umar Ibnu Khatab, Infokom Bali, KPID, Rotary Club Bali Benoa dan Sekjen PWI Bali, Emanuel Dewata Oja GM Best Western Kuta, Dyah Listianing Tyas, serta sejumlah tamu dan stakeholder pariwisata lainnya. Selanjutnya pelantikan itu ditutup dengan acara penyerahan bibit pohon dan ramah tamah. *** Cahayamasnews.com/Andi.

Facebook Comments