Seni dan Budaya

Pagelaran Seni Budaya ST. Tunjung Mekar, Resmi Ditutup Wawali Jaya Negara

DENPASAR (CAHAYAMASNEWS). Gelar Seni Budaya oleh ST. Tunjung Mekar, Br. Abianangka Klod yang bertajuk Ngunda Rasaning Klangon resmi ditutup oleh Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, ditandai dengan Pemukulan Kulkul dan disambut oleh Gambelan Okokan di kawasan Br. Abianangka Klod, Senin  (28/10).

Wakil Walikota  menjelaskan, bahwa seni dan budaya merupakan warisan yang adi luhung. Tentunya sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga, melestarikan serta mengembangkan sesuai dengan amanat pemajuan kebudayaan.Lebih lanjut dijelaskan, peran generasi muda sangatlah penting dalam pengembangan seni budaya. Hal ini dapat dilaksanakan dengan menggali kreatifitas dengan penyediaan wadah kreatif. “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan Gelar Seni Budaya yang digagas generasi muda, sehingga kedepanya diharapkan mampu menggugah kreatifitas generasi muda sebagai upaya pelestarian seni berkelanjutan,” paparnya.

Ketua ST. Tunjung Mekar, IB Eka Harista mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan guna menyambut HUT ST. Tunjung Mekar dan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sebagai generasi muda lanjut Gus Eka, generasi muda memiliki tanggung jawab dalam menyiapkan suatu wadah yang diisi oleh kreatifitas dan inovasi seniman muda untuk kelestarian seni budaya Bali. “Kami ingin menyediakan wadah kreatifitas dan ruang ekspresi sebagai wujud penerapan konsep berkesenian dengan adanya penggalian, pengembangan dan pelestarian tanpa mengurangi pakem berkesenian yang ada,” paparnya.

Adapun Gelar Seni Budaya ini sedianya dimulai sejak pembukaan yang diawali dengan inagurasi pawai dari beragam seniman, Bendera Penyatusan, Sanggar Pancer Langit, Komunitas Kendang Bolong, Karnaval Kostum, Baleganjur Ngarap, Baleganjur Telung Barung, demonstrasi dari Seniman Tua IB Anom Widya, dan beragam penampilan seniman lainya. Hadir dalam kesempatan itu Panglingsir Puri Kesiman, AA Ngurah Gede Kusuma Wardana, Kadis IGN Bagus Mataram, Camat Denpasar Timur I Wayan Herman instansi terkait lainya serta warga Br. Abianangka Kelod, Kesiman. Acara ditutup penyerahan penghargaan dan piagam kepada  pemenang lomba oleh Wakil Walikota Jaya Negara. *** Cahayamasnews.com/HmsDps/Gus.

Facebook Comments