News

SMAN 1 Tembuku Jadi Duta Bangli Lomba KSPAN, Wakil Bupati Bangli Sambut Tim Provinsi Bali

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Sebagai wakil Bangli dalam lomba Kelompok Siswa Peduli Aids dan Narkoba (KSPAN), SMAN 1 Tembuku, Rabu (20/11/2019) dinilai tim penilai lomba Kespan Tingkat I Bali.  Kedatangan tim penilai disambut Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, didampingi Anggota DPRD Bangli Dewa Gde Suamba Adnyana dan Ni Wayan Indarawati. Kepala SMAN 1 Tembuku I Komang Gede Juiarta pada kesempatan itu mengatakan, sangat bersyukur bisa mewakili Kabupaten Bangli dalam loba KSPAN. Dikatakan, Kespan di sekolahnya merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler UKS.

“Kami berinama Mangudyaya Widya Yowana, yang mengandung makna membangun generasi muda dan pengeahuan untuj menghilangkan kegelapan,” ujarnya. Kata dia, AIDS dan Narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi bangsa dan Negara, khsusnya generasi muda. Maka sudah menjadi kewajiban di setiap sekolah dengan bersinergi dengan perangkat daerah untuk menanggulanginya. “Dalam lomba ini kita tidak semata mencari juara, namun yang lebih terpenting bisa memberikan sosialisasi kepada siswa tentang bahaya Narkoba itu sendiri,” bebernya. Wabup Sang Nyoman Sedana Arta pada kesempatan tersebut menghimbau agar generasi muda dan kalangan pelajar menjauhi Narkoba dan AIDS.  Karena itu, siswa perlu meningkatkan pemahaman terkait Narkoba dan AIDS tersebut melalui KSPAN. “KSPAN merupakan kegiatan setrategis untuk membentengi generasi muda dari penyakit mematikan AIDS dan Narkoba,” katanya.

Ketua Tim Penilai Provinsi Bali  I Made Suprata menyebutkan melalui kegiatan ini siswa dan siswi agar lebih mengenal apa itu AIDS, cara penularan berikut cara menghindarinya. Begitu pula dengan narkoba, mereka tentu akan lebih mengenal dampak dari mengkonsumsi obat-obatan terlarang itu. “Kita harap sosilisasi tentang bahaya narkoba dan AIDS tidak hanya dilakukan saat lomba saja, namun dilakukan secara berkesinambungan. Dengan demikian, jangan sampai ada siswa di sini nantinya malah terjerumus,” pintanya. *** Cahayamasnews.com/Agung Natha.

Facebook Comments