News

Bersama GIAN Menuju Indonesia Bersih-Bersih Narkoba, Wujudkan Generasi Bangsa yang Sehat, Berkualitas, dan Bermartabat

DENPASAR (CAHAYAMASNEWS). Dalam rangka memperkenalkan, memantapkan, dan sekaligus menggaungkan nama, serta keberadaan, maksud, dan tujuan lembaga GIAN (Gerakan Indonesia Anti Narkotika) DPW (Dewan Pengurus Wilayah) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Provinsi Bali kepada khalayak umum, dalam perannya membantu pemerintah mencegah, dan sekaligus memberantas peredaran dan penyalahgunaan bahaya laten Narkotika kepada masyarakat utamanya generasi muda sebagai generasi penerus bangsa, GIAN DPW Provinsi Bali menggelar Press Confrence dengan awak media cetak maupun elektronik bertempat di Saung Segara Kangen, Jalan Dewi Madri, Renon, Denpasar, Bali (Rabu, 27/11/2019).

Kegiatan Press Confrence yang dikemas dalam suasana penuh kesederhanaan dan kekeluargaan itu dihadiri pimpinan dan pengurus serta anggota GIAN (Gerakan Indonesia Anti Narkotika) DPW (Dewan Pengurus Wilayah) Provinsi Bali maupun DPD (Dewan Pengurus Daerah) se-kabupaten/kota di Bali. Acara diawali pemaparan Ketua GIAN DPW Provinsi Bali, dilanjutkan penjelasan Ketua Pembina seputar maksud dan tujuan, termasuk penyampaian visi-misi guna mewujudkan generasi muda penerus bangsa yang berkualitas, bermartabat, sehat serta terbebas dari penyalahgunaan bahaya narkoba. “Pelaksanaan Press Confrence ini kami laksanakan dalam rangka menyampaikan pelaksanaan Pelantikan pengurus GIAN, DPW dan DPD masa bhakti 2019 – 2024 yang dirangkai dengan ‘Deklarasi GIAN Bali Provinsi Pelopor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Cerdas Bersih-Bersih Narkoba’ yang rencananya bakal dilaksanakan tanggal 19 dan 20 Desember mendatang,” ujar Ketua GIAN DPW Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Made Bawa, SH., didampingi Ketua Pembina I Made Wirayadnya, Sekretaris Ibu Vicky Mustikawati, dan Ketua Panitia Deklarasi dan Pelantikan GIAN, Anak Agung Ngurah Srijaya Widiada.

Lebih lanjut dipaparkan, bahwasannya GIAN hadir bertujuan untuk melengkapi yang ada dan merupakan bagian dari upaya secara massif membantu pemerintah dengan membentuk kepengurusan/perwakilan di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk di Provinsi Bali, agar memudahkan lembaga GIAN dalam menjalankan program khusus P4GN dan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya. GIAN adalah merupakan salah satu organisasi yang memiliki peran dan tanggung jawab menyelamatkan Generasi Muda Bangsa khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya bersama dengan lembaga terkait, guna memberikan kontribusi pemikiran dan partisipasi aktif. Khususnya, fokus pada bidang pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba, dalam upaya mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, bermartabat, dan terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Visi dan Misi serta Sasaran Strategis yang menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi seluruh unit kerja GIAN (Gerakan Indonesia Anti Narkotika) DPW (Dewan Pengurus Wilayah) Provinsi Bali Periode 2019 – 2024 adalah sebagai berikut. VISI: Menjadi lembaga organisasi GIAN yang sportif, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia dan Generasi muda Indonesia yang sehat, bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, khususnya di Provinsi Bali. GIAN berupaya terus giat berperan dalam mencegah, merangi, dan sekaligus memberantas peredaran serta penyalahgunaan narkoba.

Sedangkan GIAN memiliki Misi: Membangun Gerakan Indonesia Anti Narkotika (GIAN) yang kondusif dengan dukungan fasilitas yang memadai, untuk menyatukan dan menggerakkan segenap potensi masyarakat dalam upaya pencegahan, rehabilitasi, dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Sementara sasaran strateginya adalah Meningkatkan daya tangkal (imunitas) masyarakat terhadap bahaya pengalahgunaan narkoba khususnya di Provinsi Bali. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, dan strategi lainnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina, I Made Wirayadnya menambahkan, GIAN lahir dan berangkat dari keprihatinan serta rasa sayang orang tua terhadap anak, dimana setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sukses di kemudian hari. Namun dengan penomena yang terjadi saat ini di Indonesia yang bahkan sudah dinyatakan ‘Darurat Narkoba’, maka mustahil akan dapat mewujudkan cita-citanya. GIAN adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berbasis program dan massa, dimana diharapkan seluruh elemen dan lapisan masyrakat untuk bersama-sama ikut serta menumpas peredaran gelap narkoba. “GIAN hadir bertujuan membantu meringankan tugas pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang kini telah menjadi momok menakutkan di Indonesia. Minimal di lingkungan terdekat Kita, agar generasi penerus bangsa yang merupakan anak cucu Kita bisa menjadi generasi emas serta generasi yang bebas dari narkotika,” ujar Ketua Gian DPW Bali I Made Wirayadnya.

Tugas pokok GIAN lanjut I Made Wirayadnya, berupaya memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat terutama kepada siswa-siswi SMP, SMA, dan bahkan mahasiswa, sehingga mereka memiliki bekal pengetahuan tentang bahaya laten daripada penggunaan narkoba sejak dini. Wewenang GIAN adalah membantu meringankan tugas aparat terkait dalam pencegahan, penanganan, dan penanggunalangan permasalahan Narkotika, serta membangun sinergitas yang baik dengan instansi-instansi pemerintah terkait, termasuk dengan Polri ataupun BNN. Mengingat GIAN adalah sebuah lembaga yang mengemban visi dan misi mulia yakni membantu pemerintah memerangi peredaran gelap narkoba guna menyelamatkan generasi penerus bangsa, Ketua Pembina GIAN DPW Provinsi Bali berharap, agar pemerintah ikut serta berpartisipasi mendukung dan men-support kegiatan Deklarasi dan pelantikan pengurus GIAN DPW Provinsi Bali, yang akan dilaksanakan tanggal 19 dan 20 Desember mendatang.

MOTTO GIAN: Mengajak seluruh pejabat tinggi Negara, TNI, Polri, BNN, Pengusaha dan Masarakat Indonesia pada Umumnya. Mari kita bersama-sama “BERSIH-BERSIH NARKOBA” untuk menyelamatkan aset Negara serta menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Salam 5 Jari “STOP NARKOBA”. SIAPA GIAN…?. GIAN adalah Kita, Kita adalah GIAN, Bravo GIAN. GIAN ROAD TO INDONESIA BERSIH-BERSIH NARKOBA. *** Cahayamanews.com/Tim/Andi

Facebook Comments