News

Orientasi Layanan Prima, Kades Bulian I Made Sudirsa Berlakukan Apel Kinerja

BULELENG (CAHAYAMAS-NEWS). Gaung disiplin pegawai di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN),  gemanya kian terasa, bahkan mesuk ke pelosok-pelosok desa. Tak terkecuali, gebrakan Presiden Joko Widodo itu telah menjadi bagian dari peningkatan kinerja pegawai dalam memberi pelayanan prima dan berkualitas untuk masyarakat. Desa Bulian Kecamatan Kubutambahan yang mengusung konsep “Bulian Maju” menyambut positif langkah Jokowi. Prihal tersebut tampak ketika desa itu dipimpin oleh seorang anak desa dengan jam terbang tak terhitung jari sejak diambil sumpahnya dan dilantik oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST., pada 20 Desember 2019.

I Made Sudirsa yang AKBP Purnawirawan tersebut masih membawa sikap tegas dan professional dalam mengemban tugasnya sebagai abdi masyarakat. Begitu memasuki tahun baru 2020 di pecan pertama bulan Januari, para karyawan di Kantor Kepala Desa Bulian sudah dihadapkan dengan pendekatan kinerja berbasis multi player efek dengan orientasi layanan prima. Begitu waktu memasuki pukul 07.30 wita, para karyawan termasuk Kepala Desa sudah harus siap di kantor dan menandatangani daftar masuk kerja untuk selanjutnya mengikuti apel disiplin kinerja sekaligus menerima pengarahan dari Kades itu sendiri. Upaya ini dirasakan sangat positif serta bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mendapat pelayanan pagi –pagi terutama yang memiliki urusan di kantor lain.

Tak sebatas itu, melalui rapat rutin yang digelar pada hari-hari tertentu, tidak hanya memiliki nilai tambah dalam menyerap aspirasi karyawan serta persoalan masyarakat yang masuk ke kantor kepala desa. Akan tetapi apa yang menjadi unek-unek persoalan natra karyawan tidak sampai basi bahkan dengan cepat bisa mencair karena ada rapat rutin yang dijadikan sarana untuk memecahkan masalah. Kolaborasi dengan lingkungan, telah dibuktikan dengan menggelar sidak di beberapa tempat layanan umum termasuk sekolah-sekolah yang setiap hari bergelut dengan layanan siswa di bidang pendidikan. Kejelian Kepala Desa Bulian I Made Sudirsa, dibuktikan dengan adanya temuan tembok miring yang rentan membahayakan anak-anak saat bermain. Tembok miring di belakang SDN 2 Bulian itu pun menjadi temuan Kades I Made Sudirsa saat sidak pendidikan.

Untuk bisa melakoni semua itu ucap Kepala Desa Periode 2019-2024  I Made Sudirsa,  harus memulai dari diri sendiri dan baginya tidak sulit karena sudah terbiasa di tempa disiplin saat masih aktif menjadi anggota Polri. Inipun diterapkan ketika berada dalam keluarga sehingga tercipta keluarga yang patuh dan menjadi contoh di lingkungannya. Jika di keluarga saja sudah mampu menerapkan disiplin, tentu di masyarakat tidak akan mengalami kesulitan. Terlebih lagi dalam mengemban kepercayaan masyarakat Bulian harus mampu merealisasikan Visi dan Misi saat bertarung dalam perhelatan Pilkel serentak di Desa Bulian, tentu menjadi bagian terdepan untuk bisa membuktikan kepada masyarakat. Dengan masyarakat Bulian jangan sampai ada dusta di antara kita, bahkan, tidak boleh melakukan kebohongan publik, sebab itu dosa dan tidak pernah bisa diampuni.

Walau segalanya sudah mulai dicoba, namun menurut Kepala Desa Bulian I Made Sudirsa masih tetap memerlukan masukan, kritik, dan kerjasama yang utuh untuk kemakmuran dan kesejahteraan Desa Bulian. Harapannya sebagai pengayom masyarakat, Sudirsa minta agar semua komponen bisa bersatu, saling bahu membahu dan melupakan apa yang dirasa kurang baik atau tidak bermanfaat bagi public di masa lalu.  Kini yang patut disemangati adalah kita harus kerja lurus sebagai mana yang menjadi tuntutan Presiden Jokowi dalam menuju Indonesia maju, demikian juga untuk mewujudkan masyarakat Desa Bulian yang maju dan sejahtera. ***Cahayamas-News/DEMAL

Facebook Comments