SosPol

Hasil Survey, Mas Sumatri Unggul di Semua Kecamatan, Bahkan Unggul di Kandang Calon Lain

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Hasil  survey pemetaan yang dilakukan oleh lembaga survey Ganesha Consulting,  dari 78 desa dan kelurahan, I Gusti Ayu Mas Sumatri kalah di 6 desa, sedangkan unggul di 66 desa/kelurahan, dan hasil imbang di 6 desa. Dengan keunggulan di 66 desa/kelurahan, menunjukkan peningkatan pesat elektabiltas Mas Sumatri dibandingkan saat Pilkada 2015 lalu yang hanya unggul di 35 desa.

Demikian dijelaskan I Gusti Putu Arta Konsultan Politik Mas Sumatri. Bila dilihat dari basis konstituen parpol pemilik kursi di DPRD Karangasem lanjut I Gusti Putu Arta, Mas Sumatri berhasil meraih suara terbanyak di semua parpol. Pemilih PDI Perjuangan misalnya, Mas Sumatri meraup 16.9 persen, sedangkan Gede Dana 15.7 persen. Sementara di Golkar, Mas Sumatri meraih 6 persen dan Gede Dana 1.8 persen, serta di Demokrat Mas Sumatri meraih 2 persen dan Gede Dana 0.4 persen.

Selain keunggulan di 66 desa/kelurahan, dia juga melakukan simulasi terhadap 4 kandidat, dimana Mas Sumatri meraih 59.6 persen, Gede Dana 17.2 persen, Artha Dipa 5 persen, dan Nengah Sumardi 5.6 persen. Responden yang tidak memberikan pilihan terhadap keempatnya berjumlah 12.6 persen. Sedangkan, hasil simulasi 3 kandidat, Mas Sumatri berhasil meraih 57.6 persen, Gede Dana 19.0 persen, Artha Dipa 6.9 persen, dan yang tidak mendapat respon ketiganya 16.4 persen. Mas Sumatri juga masih unggul  sebanyak 67 persen, jika simulasi head to head dengan Gede Dana hanya 23,4 persen.

Tim survey Ganesha ini, juga mensimulasikan pasangan Mas Sumatri dengan Sumardi, juga  dipasangkan dengan Artha Dipa, Sukarena, Pandu Lagosa, Nengah Swadi dan Musna Antara.  Simulasi  itu dimenangkan oleh Mas Sumatri, jika  berhadapan dengan  simulasi Gede Dana dan dipasangkan dengan Nengah Sumardi, Artha Dipa, Suastika, Darmini dan Sunarta,” ungkap  Gusti Putu Arta di DPD Nasdem Karangasem 22 Januari 2020.

Jadi kemenangan telak Mas Sumatri tentu sangat berkaitan langsung dengan citra positif  pemerintahan Masdipa. Survey mencatat persepsi publik yang sangat baik pada program pemerintah, yaitu penanganan pengungsi Gunung Agung, mutu pelayanan mall terpadu, penanganan gepeng, kinerja badan otorita Pura Besakih, mutu layanan birokrasi, pemberantasan buta huruf dan putus sekolah, serta pelayanan air bersih, mutu layanan kesehatan dan makan gratis di Rumah Sakit, administrasi kependudukan. “Sementara hasil survey, responden memberi catatan pada bidang penanganan galian c, dan program mutasi ASN,” katanya. *** Cahayamas-News.com/Tim-01.

Facebook Comments