News

Sertipikat Adat Bulian yang Dikabarkan Hilang telah Kembali, Pawitra Klarifikasi Sertipikat  atas Nama Dirinya Sendiri. 

Bueleleng (Cahayamasnews). Setelah sempat dikabarkan hilang pasca serah terima jabatan Kelian Desa Adat Bulian periode 2019/2024 dari Kelian Adat perpanjangan Ketut Indrayasa kepada penggantinya Ketut Pasek, maka sertipikat itupun akhirnya dikembalikan. Kelian Adat Bulian versi pilihan krama Ketut Pasek saat dikonfirmasi media ini via handphone Minggu siang (23/2) mengatakan, sertipikat yang hilang dan sempat dipublikasi media online kini dikembalikan oleh mantan pejabat di Desa Bulian Made Pawitra.  Ketika dikonfirmasi lewat Hp miliknya,  Pawitra mengaku memang benar atas inisyatif sendiri mengembalikan sertipikikat milik adat yang pernah dibawanya. Kata  Pawitra, ia menemukan sertipikat tersebut di dalam sebuah laci dan langsung mengembalikan kepada keliam adat Bulian yang baru Ketut Pasek pada sebuah kesempatan. 

Atas peristiwa tersebut ucap Kelian Adat Ketut Pasek, akhirnya dibuatkan berita acara. Seperti diberitakan sebelumnya ketika berlangsung acara serah terima jabatan dari kelian adat Bulian yang lama Ketut Indrayasa kepada Ketut Pasek, sertipikat adat yang diserahkan hanya sebanyak 6 buah dari yang seharusnya 7 buah. Sementara itu terkait dengan sertipikat tanah desa dinas seluas 25 are yang sudah bersertipikat dan mencantumkan nama pribadi Made Pawitra, padahal saat itu ia sedang menjabat sebagai Kepala Desa, juga diakuinya bahkan tidak menampik terkait masalah itu.

Kata Pawitra kepada media online ini, ada peraturan yang tidak membolehkan jika tanah Pemerintahan Desa dicantumkan atas nama kepala desa. Dengan demikian yang tercantum pada sertipikat tersebut menggunakan nama pribadi Made Pawitra. Diakui memang belum semua masyarakat Desa Bulian paham terhadap masalah yang kerap muncul di desanya. Namun demikian, diharapkan ada semacam pengertian ketika media sudah memaparkan masalahnya karena media itu sendiri dalam memuat informasi atau berita berdasarkan fakta lapangan dan ada konfirmasi dengan narasumber.

Selaku Kepala Desa Bulian I Made Sudirsa mengatakan, pihaknya bersama jajaran terkait memang selalu duduk bersama dalam membicarakan setiap masalah yang harus dituntaskan. Terlebih lagi jika menyangkut kemakmuran Desa Bulian, maka semua itu mesti dikedepankan agar tidak ada masalah yang tersumbat. Apalagi ke depan Bulian memiliki prospek cerah, maka mau tidak mau masyarakat bersama tokoh, warga, dan aparat desa harus  berani merubah maindset. Sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama bisa terwujud dengan baik. *** Cahayamasnews.com-(DEMAL).

Facebook Comments