Bali

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster Beri “Vitamin  A”  Anak Balita di Desa Galungan

Buleleng (Cahayamasnews). Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Suastini Koster berkesempatan memberikan Vitamin A bagi anak-anak balita di Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Selasa (25/2), sekaligus  melakukan pantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di desa setempat serangkaian Gebyar Integrasi Provinsi Bali tahun 2020. Sebagai desa sehat jasmani dan rohani, Nyonya Putri Suastini Koster setiba di Desa Galungan disambut senam warga yang menyertakan kalangan ibu-ibu, seraya menyemangati greget warga, Nyonya Koster pun ikut berjingkrak-jingkrak bersama PLT Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Nyonya Wardhani Sutjidra yang turut menyambut kehadiran Ketua Tim Penggerak Provinsi Bali.

Beragam produk unggulan dan menu sehat dipamerkan Ibu-Ibu Desa Galungan yang tergabung dalam wadah Tim Penggerak PKK desa setempat. Lewat perbincangan dengan penyaji materi pameran, Nyonya Koster mengetahui upaya warga menuju sehat dengan menyediakan sayur sayuran dan buah buahan bebas zat kimia. Sementara di stand kesehatan, Nyonya Koster sempat melihat dari dekat upaya pencegahan stunting, senam ibu hamil dan penimbangan anak anak balita yang dilakukan Kader Posyandu Desa Galungan.

Setelah melihat secara detil di masing-masing stand, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali itu  menyerahkan beberapa buah paket sehat kepada anak balita yang sedang berada di ruang pameran kesehatan. Dalam laporannya dihadapan Tim Provinsi, PLT Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Nyonya Wardhani Sutjidra mengatakan, jika pada tahun 2012, angka stunting di desa Galungan bila dilihat dari literdes 2013 dimana  Buleleng memiliki balita stnting 35,58 %. Tetapi setelah ada intefrvensi dari pemerintah Provinsi Bali dan kabupaten maka stunting bisa ditekan menjadi 20,05 % ditahun 2018. Sedangkan tahun 2019  stunting menjadi 19,86 %, sedngkan untuk Provinsi bali 14,04 %. Walau demikian Buleleng masih dibawah nasional.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Suastini Koster dalam sambutannya mengajak kepada anak-anak muda di Desa Galungan, agar berkata tidak dengan narkoba, karena itu bisa membahayakan nasib dan masa depan bangsa. “Upaya Pemerintah Provinsi Bali dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui berbagai program kesehatan,” ujar Nyonya Putri Suastini Koster di hadapan wartawan, baik media cetak dan elektronik serta online yang hadir dalam acara Gebyar Integrasi yang dipusatkan di Desa Galungan Buleleng. Acara diakhiri dengan joged bersama lansia dan lanjut memberikan bingkisan kepada mereka yang ikut mensukseskan program kesehatan. *** Cahayamasnews.com(DEMAL).

Facebook Comments