News

Pastikan Ketersediaan Persiapan Logistik Kesehatan Aman, Bupati Karangasem Lakukan Kunjungan ke Gudang Farmasi

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Guna memastikan persiapan logistik kesehatan dalam kondisi aman, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri melakukan kunjungan ke Gudang Farmasi, Rabu (4/3). Hal ini dilakukan dalam upaya mengantisipasi Virus Covid-19 atau Virus Corona. Sejak Virus Corona mewabah Pemerintah Kabupaten Karangasem gencar melakukan kesiapsiagaan. Salah satunya pada hari Selasa, (3/3) lalu, Pemerintah Kabupaten Karangasem bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karangasem melakukan survey persiapan ruang isolasi di RSUD Karangasem, serta melakukan berbagai upaya agar virus mematikan itu tak sampai masuk ke Kabupaten Karangasem.

“Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memastikan ketersediaan sarana kesiapan menghadapi Virus Corona, salah satunya adalah ketersediaan masker. Kendati masker dikabarkan sudah langka dan harganya melambung tinggi, dalam kesempatan ini saya pastikan stok masker di Gudang Farmasi di Puskesmas Bebandem masih cukup,” ujar Bupati Mas Sumatri seraya meminta masyarakat untuk tidak panik berlebihan dalam menghadapi Virus Corona tersebut. Bupati Mas Sumatri juga mengimbau warganya untuk tidak membeli masker berlebihan.

Mas Sumatri mengatakan, sebagaimana instruksi Menteri Kesehatan RI, masker idealnya hanya diperuntukkan bagi orang sakit. Pembelian masker secara berlebihan oleh orang sehat dikhawatirkan akan menipiskan stok bagi mereka yang benar-benar membutuhkan. “Kita juga sudah keluarkan surat himbauan agar warga masyarakat waspada dengan tidak bepergian ke tempat-tempat yang berpotensi adanya penyebaran virus seperti ke luar negeri ataupun ke bandara,” ujarnya sembari mengajak masyarakat agar tak henti-hentinya berdoa agar Bali dan Kabupaten Karangasem khususnya dihindarkan dari virus menakutkan dan mematikan itu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem I Gusti Gede Outray Pertama membeberkan jumlah stok Masker yang tersedia di Gudang Farmasi ada sebanyak 147.250 pcs dari total keseluruhan termasuk di puskesmas-puskesmas di Karangasem ada sekitar 240.350 pcs masker yang dihitung sampai tanggal 3 Maret 2020. “Masker yang ada ini, mekanismenya nanti tidak akan dibagikan ke masyarakat, melainkan akan dikirim ke puskesmas-puskesmas seperti di Puskesmas Rendang, Selat, Sidemen, Bebandem, Abang I, Abang II, Manggis I, Manggis II, Kubu I, Kubu II, Karangasem I Karangasem II serta RS. Pratama. Nantinya agar digunakan oleh orang yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya menjelaskan. *** Cahayamasnews.com/Tim-02.

Facebook Comments