October 20, 2020
Pendidikan

Meriahkan Hari Kunjungan Perpustakaan dan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Karangasem akan Gelar Lomba secara Virtual

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Mengisi hari Kunjungan Perpustakaan dan Gemar Membaca di bulan September tahun ini,  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem beralamat di jalan Ngurah itu, berencana bakal mengisi berbagai macam lomba secara cara virtual. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem I Wayan Astika. Kegiatan itu berlangsung sebebulan penuh di bulan September 2020. Selain lomba yang di adakan seperti biasa  tiap tahunnya pada tanggal 25 September  melakukan pengiriman buku secara geratis baik di lakukan oleh pusat dan Perpustakaan karangasem sendiri.

“Mengingat pandemi masih mewabah, sehingga berbagai kegiatan tahun ini dilakukan secara virtual. Di samping itu tidak ada dana, sebab anggaran yang ada telah dirasionalisasi untuk penanganan pencegahan covid-19, sebesar  Rp. 600  juta lebih,” ungkap Astika. Setiap mengadakan kegiatan seperti ini kata Astika, selalu mengandeng komunitas literasi Karangasem yang dibentuk oleh dinas perpustakaan sendiri, sebab di komunitas itu yang tergabung adalah penghobi penulis.

Untuk mengisi hari Kunjungan Perpustakaan dan Gemar Membaca di bulan September tahun ini, pihaknya mengaku akan mengadakan sedikitnya 5 jenis lomba, yakni lomba menghambar (untuk tingkat TK dan PAUD), lomba mesatua (siswa tingkat SD), sementara untuk tingkat SMP dilakukan lomba membaca puisi. Sedangkan untuk tingkat SMA / SMK lomba menulis cerpen.

Dijelaskan lomba tersebut rencana dimulai pada tanggal 14 September untuk lomba menggambar, dan untuk semua hasil karya disetor melalui link  yang telah disediakan panitia lomba.

“Saat ini minat baca  anak remaja mengalami penurunan drastis, tetapi masih ada peminat untuk membaca di perpustakaan, terutama mahasiswa untuk kepentingan tugas kuliah  mereka. Dengan sering diadakan  lomba menulis dan lomba membaca puisi dan mesatua kami harapkan mampu menarik minat baca generasi muda,” katanya seraya menjelaskan bahwasannya dalam upaya meningkatkan minat dan gemar membaca masyarakat terutama generasi mudanya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem telah mengadakan MoU dengan Penyuluh Bahasa Bali di Kabupaten Karangasem. “Dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan penyuluh bahasa Bali, mereka pun merasa dibantu, artinya sama diuntungkan,” katanya. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments