November 28, 2020
Adat dan Tradisi

Bupati Suwirta Hadiri Ngenteg Linggih di Puri Satria Kawan, Perdana Setelah 100 Tahun

SEMARAPURA (CAHAYAMASNEWS). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Ny. Sri Kasta menghadiri Karya Tawur Balik Sumpah Agung, Melaspas, Mendem Pedagingan, Masupati Pralingga, Karya Ngingkup ring Merajan Agung Puri Satria Kawan, Desa Paksebali, Desa Adat Sampalan, Kecamatan Dawan pada Wraspati Kliwon Warigadean, Kamis (27/8). Upacara ini serangkaian Karya Agung Mamungkah, Tawur Balik Sumpah Agung, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung yang puncaknya akan dilaksanakan pada Buda Umanis Julungwangi bertepatan dengan Purnama Ketiga, Rabu (2/9) nanti. 

Bupati Suwirta menyampaikan apresiasi atas semangat gotong royong krama bisa melaksanakan Upacara ini. Meski ditengah pandemi Covid-19, upacara yadnya bisa berjalan lancar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. “Semoga seluruh rangkaian Upacara berjalan lancar dan labda karya,” ujar Bupati Suwirta. Bupati berharap melalui pelaksanaan Karya sebagai wujud srada bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dapat memberikan kerahayuan kepada seluruh umat serta keseimbangan Bhuana Agung dan Bhuana Alit bisa terjaga. Selain itu, dengan pelaksanaan Karya ini umat selalu memohon agar pandemi Covid-19 segera berlalu dan kembali normal seperti biasa.

Panitia Karya, A.A Gede Anom Puspantara didampingi Kelian Pesamuan, A.A Gede Agung Rimawan mengatakan Karya ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan setelah hampir 100 tahun tidak pernah dilaksanakan. Pelaksanaan Karya bertujuan untuk menyucikan kembali seluruh bangunan dan areal Merajan serta memohon kerahayuan dan sinar suci serta tuntunan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa. “Semoga melalui Upacara ini krama pengempon senantiasa diberikan kerahayuan serta perlindungan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk prosesi selanjutnya akan digelar Upacara Melasti ke Segara Watu Klotok pada Redite Pon Julungwangi, Minggu (30/8), Puncak Karya Pengenteg, Pengebek, Pengodal, Peselang, Pedanaan dilaksanakan pada Buda Umanis Julungwangi bertepatan dengan Purnama Ketiga, Rabu (2/9) dan Nyineb pada Buda Pon Sungsang, Rabu (9/9) mendatang.

Sementara itu, prosesi Karya Tawur Balik Sumpah Agung, Melaspas, Mendem Pedagingan, Masupati Pralingga, Karya Ngingkup dipuput Ida Pedanda Gede Karang Putra Keniten dari Geriya Kanginan Paksebali dan Ida Pedanda Wayan Dharma dari Geriya Wanasari Karangasem. Prosesi diiringi Tari Rejang Dewa, Baris Gede, Topeng Sidakarya, Wayang Gedog dan Tari Rejang Renteng. *** Cahayamasnews.com/HmsKlk/Cok.

Facebook Comments