November 28, 2020
News

Jaga Moralitas, Tingkatkan Pemahaman Akan Bahaya Pekat bagi Generasi Muda, Sekda Karangasem Buka Pelatihan Penyuluhan Kader Pekat

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Melihat maraknya Penyakit Sosial Masyarakat, seperti peredaran minuman keras, penyalahgunaan Narkotika, perilaku seks di luar nikah, kenakalan anak-anak pelajar, perjudian dan kriminalisasi lainnya sehingga membahayakan bagi generasi penerus bangsa dan masyarakat khususnya di Kabupaten Karangasem. Pemerintah  Daerah Kabupaten Karangasem  mengadakan Pelatihan Kader Penyuluhan PEKAT, dibuka secara resmi oleh Sekda I Ketut Sedana Merta, Selasa (20/10/2020) bertempat di Hotel Lahar Mas Karangasem.

Kepala Badan Kesbang Pol dan Linmas Kabupaten Karangasem I Ketut Kanginan Subandi selaku penyelenggara menjelaskan, pelatihan kader penyuluhan ini dimaksudkan untuk menjaga moral generasi muda supaya tidak terjerumus dengan pengaruh penyakit masyarakat yang berakibat kehancuran generasi muda. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbanyak kader penyuluh Pekat serta meningkatkan kegiatan dalam pelaksanaan pencegahan penyakit masyarakat terutama kalangan pelajar dan generasi muda di Kabupaten Karangasem

Dengan terselenggaranya pelatihan Pekat kepada guru SMU/SMK Negeri maupun swasta sebanayak 30 orang ini diharapkan mampu memberikan pemahaman bahaya pekat serta mempu meningkatkan kedisiplinan siswa, baik di sekolah maupun dalam pergaulan bebas di masyarakat. Sementar itu, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan pekat ini sangat penting, dimana kegiatan ini merupakan salah satu cara penyelamatan masyarakat utamanya generasi muda dari PEKAT, seperti jeratan penyalahgunaan narkoba, miras, prostitusi, perjudian, aksi premanisme, dan eksploitasi anak di bawah umur yang akan berdampak negatif bagi perkembangan masyarakat dan generasi muda itu sendiri.

Mencermati pekembangan Pekat di Indonesia pada umumnya dan di Bali pada khususnya saat ini menunjukkan kecenderungan meningkat, bahkan pada ambang yang sangat mengkhawatirkan.  “Oleh sebab itu untuk membentengi wilayah Kabupaten Karangasem terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, maka pemerintah Kabupaten Karangasem melaksanakan pelatihan penyuluhan ini yang bertujuan di kemudian hari anggota kader penyuluh Pekat ini dapat menyebarluaskan tentang pemahaman bahaya Pekat ini,” tegas Sedana Merta.

Untuk para ASN kalau nantinya ada yang sampai ketahuan mengedarkan apalagi menggunakan Narkoba saya selaku sekda tidak akan tanggung tanggung akan memberikan sanksi tegas kepada pelaku. Faktor penyebab terjadinya kasus Narkoba di Kabupaten Karangasem salah satunya faktor kemiskinan/ ketidakmampuan sekelompok orang akan terlibat dalam kasus-kasus Narkoba, utamanya sebagai pengedar dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman tentang bahaya yang akan ditimbulkan, sehingga melanggar ketentuan hukum yang berlaku. “Kepada para kader penyuluh diharapkan agar dapat memberikan pemahaman terkait bahaya pekat ini, sehingga ke depan generasi muda kita sudah siap mental dan mampu mencari solusi sendiri,” katanya. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments