November 28, 2020
News

Bantu Permudah Hadapi Uji Praktek Pengurusan SIM, Kapolres Karangasem Launching Program Belayag Karangasem

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Berkaca dari banyaknya masyarakat gagal dalam melakukan ujian permohonan SIM ( Surat Ijin Mengemudi-red) terutama saat melakukan ujian praktek, akhirnya menginspirasi Kapolres Karangasem Ni Nyoman Suartini untuk menelorkan ide kreatifnya dengan diluncurkannya program baru yang diberi nama “Belayag Karangasem” (Belajar Latihan Mengemudi Yang Geratis), dan acara launchingnya dilaksanakan di lapangan Pesat Gatra Polres Karangasem, ditandai dengan pemotongan pita oleh Kapolres Karangasem dan disaksikan oleh jajaran Polres Karangasem, Selasa (20/10/2020). Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat saat melakukan ujian praktek permohonan SIM, terutama masyarakat yang tinggal di pedesaan dan jauh dari Polres Karangasem.

“Program Blayag ini sengaja dibuat untuk membantu masyarakat untuk mempermudah memperoleh SIM. Program ini sangat mendukung karakteristik geografis wilayah kita, seperti masyarakat dari Kubu, Rendang, dan Sidemen. Ketika mereka memohon SIM harus menempuh perjalanan sangat jauh, dan saat ujian praktik lalu gagal, kan sangat kasihan. Oleh karena itu saya memutuskan untuk meluncurkan program baru untuk memberikan pelatihan gratis, terutama pelatihan ujian praktik dan diharapkan mereka bisa lulus dalam menempuh ujian tersebut,” ujarnya.

Dengan program itu pihaknya akan memberikan pelatihan kepada mereka-mereka yang mau melakukan permohonan SIM baru, baik pelatihan uji untuk roda dua maupun roda empat, menyasar ke desa-desa dan kecamatan yang sudah memiliki lapangan. Untuk sementara kecamatan yang sudah punya lapangan baru Kecamatan Abang dan Kecamatan Rendang. “ Bagi kecamatandan desa yang sudah siap lapangannya, instruktur kami akan ke sana, tentunya  setelah jam pelayanan kami di layanan SIM, ya mungkin jam tiga atau jam empat kita jadwal. Nantinya personil kami bakal memberikan pelatihan secara gratis,” jelas Kapolres.

Lebih jauh Kapolres Ni Nyoman Suartini mengatakan, pelatihan gratis ini dijadwalkan setiap seminggu sekali.

“Kami akan menjadwalkan sesuai permintaan masyarakat, mereka mau latihan sekali dua kali silahkan, tapi bukan berarti mereka yang mengikuti program pelatihan ini sudah pasti lulus uji praktek SIM. Pada program Blayag ini kita memberikan pelatihan dan kami akan menjemput bola. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari zona integritas, karena Polres Karangasem tahun ini sudah siap menuju zona integritas, mudah-mudahan program pelayanan kita mendapatkan WBK,” harap Kapolres Karangasem. *** Cahayamasnews.com-Tim-01

Facebook Comments