January 26, 2021
News

Sambut Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Pemkab Karangasem Sediakan 15 Tempat Tersebar di Seluruh Kecamatan

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Dalam rangka pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pemerintah pusat terus melakukan koordinasi dengan pemerintahan daerah dalam menyediakan SDM untuk melakukan vaksinasi dalam waktu dekat ini. Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Karangasem telah melakukan berbagai persiapkan diri untuk melaksanakan vaksinasi dimaksud, sedikitnya 15 tempat telah disediakan di seluruh kecamatan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, saat dihubungi melalui whatsapp Selasa, (12/1/2021).

Dia menambahkan, mengenai kesiapan vaksinasi Covid-19 di Karangasem, pihaknya mengaku sudah siap, dan tinggal melaksanakan saja. “Semua sudah kami siapkan, tinggal menunggu datangnya vaksin,  serta arahan dari pemerintah pusat dan Provinsi Bali. Terkait kapan waktu pelaksanaannya, sampai saat ini kami belum mendapat informasi yang pasti, baik dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Bali,” ujar Putra Pertama.

Terkait tempat, Pemkab Karangasem telah menyediakan 15 tempat tersebar di seluruh kecamatan, dengan jumlah tenaga kesehatan 5 hingga 7 orang yang akan bertugas di masing-masing tempat vaksinasi. Untuk memastikan kesiapan SDM-nya, pihaknya juga telah melaksanakan simulasi.

“Simulasi ini penting dilakukan untuk mengetahui secara pasti waktu yang dibutuhkan oleh 1 orang dalam proses menerima vaksin, sehingga dalam pelaksanaan nanti semua sudah terukur dan dapat sesuai dengan proses. Dengan dilaksanakan simulasi ini kami mendapat gambaran mulai dari awal, pendaftaran peserta calon penerima vaksin dari mereka hadir hingga observasi, kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam satu sesinya,” katanya.

Untuk vaksinasi tahap pertama  menyasar semua tenaga kesehatan, TNI/Polri, dan Sat Pol PP serta petugas pelayanan lainnya. Vaksinasi tenaga kesehatan pada Januari sampai Pebruari 2021, seperti TNI / Polri dan yang lainnya diambil bulan Maret 2020. Di Karangasem diperkirakan terdapat sekitar 225.000-an peserta calon penerima vaksin yang memenuhi persyaratan.

Di sisi lain, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini mengaku sudah siap menerjunkan jajarannya dalam pengamanan dan pengawalan Vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Prov. Bali ke Kabupaten Karangasem. pihaknya berharap dapat terlaksanan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan SOP. Penegasan itu disampaikan Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini usai meminpin apel Persiapan dalam Pengamanan dan Pengawalan vaksin Cobid-19, bertempat di lapangan Tanah Aron Selasa (12/1/2021). Kegiatan apel tersebut diikuti oleh Pasukan Polres, TNI Kodim 1623, dan staf Dinas  Karangasem. Tampak juga dihadiri Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa, PJU Polres Karangasem dan Kadis Kesehatan Kab. Karangasem Dr. I Gusti Bagus Putra Pertama.

“Disampingn pengamanan rute, kami juga melakukan pengamanan tempat penyimpanan vaksin itu sendiri, seperti yang kita ketahui bersama vaksinasi pertama ini didistribusikan untuk tenaga pengamanan TNI/Polri serta pelayanan kesehatan. Setelah itu baru akan diberikan kepada masyarakat,” ujar Kapoles Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini seraya berharap semoga pengamana dan pengawalan tersebut berjalan aman dan lancar. *** Cahayamasnews.com/Tim-01

Facebook Comments