November 28, 2021
Adat dan Tradisi

Upacara Mecaru Resigana di Rumjab Bupati Dan Wakil Bupati Bangli

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Sudah tradisi, sebelum menempati rumah dilaksanakan upacara mecaru ngeresigana  seperti Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE dan Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, S.ST.Par., sebagai Bupati baru  akan menenpati Rumah Jabatan masing-masing. Pelaksanaan upacara ini bertepatan dengan Punama Kedasa, Minggu, (28/03/2021)

Pelaksanaan upacara mecaru resigana di rumah jabatan Bupati dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Tanjung Griya Soka Bajangan Duur Kangin, Lingkungan Brahmana Bukit,Kelurahan Kawan, Bangli disamping itu serangkaian dengann adanya perehaban di Rumah Jabatan masing-masing. Sedangkan di Rumah jabatan Wakil Bupati Bangli melaksanaan  upacara mecaru resigana diuput oleh Ida Pandita MPU Dwija Santi Parama Putra dari Griya Manik Lebah Karangsuung Kaja,Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat dikonfirmasi terkait adanya upacara mecaru resigana di rumah jabatan mengatakan, adapun upacara ini dilaksanakan bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan areal tersebut. Dengan telah dilaksanakannya upacara macaru resigana maka Bupati dan Wakil Bupati Bangli kini resmi menempati rumah jabatan masing-masing.

Pelaksanaan upacara caru resigana menggunakan wewalungan di Pelinggih Padmasana menggunakan caru bebek blang kalung dan caru ayam manca warna. Sedangkan dipekarangan rumah jabatan menggunakan anjing Blangbungkem dan caru ayam brumbun”Semoga dengan dilaksanakan upacara mecaru ini dapat melaksanakan tugas dengan lancar demi membangun Bangli yang lebih maju dengan wujudkan Bangli Era Baru,”pungkasnya. *** Cahayamasnews.com/Tim-NT.

Facebook Comments