Adat dan Tradisi

Musim Ngaben, Bupati Suwirta dan Wabup Kasta Kunjungi Warganya

SEMARAPURA (CAHAYAMAS-NEWS). Musim upacara ngaben tiba, sejumlah warga diwilayah di Kecamatan Klungkung, Dawan dan Banjarangkan mulai mempersiapkan prosesi upacara ngaben massal. Selaku pimpinan daerah, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta serta wakil Bupati Made Kasta didampingi Ny. Sri Kasta, mengunjungi sejumlah warganya yang tengah mempersiapkan upacara ngaben massal, Senin (28/6).

Selain untuk memberikan dukungan demi suksesnya seluruh rangkaian upacara ngaben massal, kehadiran Bupati asal Nusa Ceningan ini juga untuk menunjukkan bahwa pemerintah peduli dan hadir ditengah masyarakat yang sedang melaksanakan upacara yadnya.

Upacara manusa yadnya ngaben massal ini rutin diselenggarakan sebagian besar desa adat di Kabupaten Klungkung. Selain sangat berguna untuk meringankan beban biaya, ngaben yang dilakukan secara massal juga dapat meringankan beban pekerjaan dan tentunya meningkatkan rasa gotong royong, serta merekatkan rasa kekeluargaan antar warga desa. Ngaben massal biasanya dilaksanakan dalam kurun waktu yang berbeda dimasing-masing desa adat.

Disamping itu, Pemkab Klungkung dengan program ngaben massal berupaya membantu meringankan sebagian biaya uapacara ngaben massal warganya. Kepada prajuru dan warga yang ditemuinya Bupati Suwirta berharap semoga seluruh rangkaian upacara yadnya ini bisa berjalan dengan lancar. Warga juga dihimbau taat dalam menerapkan protokol kesehatan meskipun seluruh warga telah menjalani vaksinasi covid-19.

“Tetap laksanakan Prokes COVID-19 pada saat melaksanakan prosesi ngaben massal dan semoga pelaksanaan prosesi upacara Ngaben Massal dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Rahajeng ngemargiang pitra yadnya, dumogi memargi antar,” ujar Bupati Suwirta.

Dalam perjalanannya kali ini, Bupati Suwirta mengunjungi 3 lokasi ngaben massal. Diantaranya Desa Adat Sangkanbuana, Kelurahan Semarapura Kauh, Banjar Pegending, Kelurahan Semarapura Kauh dan Banjar Tribuana, Desa Kusamba Kecamatan Dawan. Pengabenan Banjar Adat Pegending sebanyak 46 sawa dan puncak pengabenan tanggal 1 Juli 2021 mendatang, Sangkanbuana sebanyak 33 sawa puncak tanggal 1 Juli 2021dan Banjar Tribuana sebanyak 5 sawa. Bupati Suwirta yang selalu ditemani sang istri juga menyerahkan Pitra Bakti ke Almarhum Dewa Ayu Raka Pursari di Banjar Jero, Desa Manduang dan Melayat ke Almarhum I Nyoman Nurata di Banjar Kaleran, Desa Manduang

Sementara di tempat terpisah Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta yang juga didampingi Ny. Sri Kasta juga turut menghadiri kegiatan upacara ngaben massal di sejumlah desa adat diwilayah Klungkung Daratan. Wabup Kasta juga memotivasi warga yang tengah mempersiapkan sarana seluruh rangkaian upacara, serta mendoakan seluruh rangkaian upacara berjalan lancar. Serta mengingatkan untuk senantiasa menjalankan Prokes.

Upacara Ngaben Massal yang dikunjungi di antaranya di Desa Adat Selisihan dengan jumlah sawa sebanyak 49, masing-masing sawa dikenakan iuran Rp. 6 juta. Desa Adat Sema Agung Kecamatan Banjarangkan dengan jumlah sawa sebanyak 25 dengan iuran masing-masing sebesar Rp. 5 juta. Desa Adat Tusan Kecamatan Banjarangkan dengan 32 sawa dikenakan biaya Rp. 7 juta. Desa Adat Jumpai dengan 39 sawa dengan iuran sebesar Rp. 10 juta. Banjar Jabon Desa Sampalan Tengah dengan jumlah sawa sebanyak 11, dan iuran sebesar Rp. 5 juta.

Sementara itu Banjar Adat Ayung Semarapura Klod melaksanakan ngaben massal dengan jumlah sawa sebanyak 13, dan iuran sebesar Rp. 10 juta. Banjar Adat Mungguna, Desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan dengan jumlah sawa 45, dikenakan iuran sebesar Rp. 8 juta. *** Cahayamasnews.com/HmsKlk=Yande.

Facebook Comments