October 22, 2021
Adat dan Tradisi

Sehari Bupati Sanjaya Melayat di Dua Rumah Duka di Dua Kecamatan

 TABANAN (CAHAYAMAS-NEWS). Di tengah kesibukannya menjalani rutinitas sebagai seorang Kepala Daerah, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., menyempatkan diri untuk melayat ke dua Desa di dua Kecamatan, yakni di Kecamatan Baturiti dan Kecamatan Kerambitan, Tabanan Senin, (28/6).

Didampingi oleh Wakil Bupati Tabanan, Sekda, para Asisten dan OPD terkait, Bupati Sanjaya melakukan kunjungan pertama di Kecamatan Baturiti, tepatnya di Desa Pacung, Kec. Baturiti, Tabanan, atas meninggalnya Ni Ketut Mundil yang merupakan Ibunda dari Ibu Ni Wayan Sinaryati (Mantan Kejari Tabanan).

Nampak juga saat itu, Camat Baturiti, Perbekel dan tokoh masyarakat setempat turut serta bersama pihak keluarga, menyambut rombongan orang nomer satu di Tabanan tersebut.

Dalam momentum itu, orang nomer satu di Tabanan tersebut berbincang sekaligus menyampaikan turut berduka-cita yang mendalam kepada pihak keluarga yang ditinggalkan dan mendoakan almarhum agar mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya.

“Semoga Almarhumah Ibunda dari Ibu Ni Wayan Sinaryati mendapatkan tempat yang layak dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan agar tetap kuat dan ikhlas karena ini merupakan jalan dari Tuhan yang tidak bisa kita hindari,” ujar Bupati Sanjaya.

Sesuai penuturan pihak keluarga, almarhum Ni Ketut Mundil meninggal pada tanggal 16 Juni 2021 dan akan diupacarai sesuai dengan tradisi adat setempat, yakni dikubur di setra (kuburan) Desa Adat setempat pada Selasa, tanggal 29 Juni 2021.

Usai kegiatan melayat di Desa Pacung, Baturiti, Bupati Sanjaya yang juga didampingi Wakil Bupati Tabanan, Sekda, para Asisten dan OPD terkait, melakukan kegiatan yang sama di Banjar Tengah Kangin, Desa Kerambitan, Kecamatan Kerambitan, atas meninggalnya Almarhum I Wayan Rejen yang merupakan Ayahanda Bapak Nyoman Adnyana (Mantan anggota DPRD Kabupaten Tabanan).

Saat itu, Bupati Sanjaya beserta rombongan juga diterima oleh pihak keluarga beserta Camat, Perbekel dan tokoh masyarakat setempat. Tidak lupa juga, Ia mengucapkan belasungkawa yang mendalam dan berpesan kepada pihak keluarga yang ditinggalkan agar tetap kuat dan bersabar serta ikhlas menerima jalan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sesuai keterangan pihak keluarga saat berbincang dengan Bupati Sanjaya, Almarhum I Wayan Rejen berpulang pada hari Jumat, 25-6-2021 dan akan diupacarai sesuai dengan tradisi, yakni Ngaben pada hari Kamis, 1-7-2021. Selebihnya pihak keluarga sangat berterimakasih atas perhatian langsung dari orang nomer satu di Tabanan. *** Cahayamasnews.com/HmsTabanan.

Facebook Comments