Adat dan Tradisi

Buka Loka Sabha V PBMM, Bupati Sedana Arta Minta Jalankan Jana Kerthi dan Laksanakan Bhisama Bhatara Kawitan

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Bupati  Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar dan Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles,secara resmi membuka Loka Sabha V Pratisentana Bendesa Manik Mas  Bangli Dilaksanakan di Pesraman Guru Kula Kubu Bangli Selasa(29/06/2021).Turut hadir pada acara tersebut Ketua Bendesa Manik Mas Bali Made Sudiana, Ketua PHDI Bangli, I Nyoman Sukra, para Semeton, Penglisir Pratisentana Bendesa Manik  Mas, Bupati Bangli.

Bupati Bangli mengatakan, Loka Sabha V Pesemetonan Pratisentana Bendesa Manik Mas (PBMM) dapat mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan peran  serta dalam mencerdaskan umat Hindu yang ada di Bangli menyatukan dan ikut serta dalam membangun  Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru.Disamping itu diharapkan agar Pesemetonan Pratisentana Bendesa Manik Mas agar memberikan pembinaan dan  pengertian bagi generasi muda agar menjalankan Jana Kerthi dan melaksanakan Bhisama Bhatara Kawitan,” pintanya.

Sedana Arta juga berharap lokasabha ini bisa menghasilkan pemimpin baru dan pengurus yang bisa membesarkan dan memajukan organisasi. Selain itu, juga bisa mengeluarkan pemikiran-pemikiran yang baik guna melaksanakan serta meningkatkan rasa persaudaraan diantara warga Pratisentana Bendesa Manik Mas di Kabupaten Bangli dan seluruh Bali ,juga  mempunyai peranan penting dalam mempersatukan umat dan berkewajiban mengayomi seluruh Pesemetonan dibidangb adat dan budaya  yang sudah diakui diseluruh Bali” harap Bupati Bangli

Sementara itu Ketua Panitia I Wayan Swarembawa, mengatakan  Lokasabha PBMM Ke V diikuti oleh Ketua PBMM Kabuapten Bangli, utusan Kecamatan, para Penglisir, para pandita, dan pengurus dadia sebanyak 65atau sekitar 5000 KK yang tersebar di seluruh Bangli, yang mana akan membangun program kerja tahun 2021-2026. Disamping itu, dalam kesempatan ini masih banyak tempat suci seperti  Merajan Gede, Pura Panti dan Paibon yang diempon oleh Pratisentana Bendesa Manik Mas di Kabupaten Bangli memerlukan bantuan dari pemerintah Daerah,” ujarnya.

Selanjutnya memilih Ketua Baru PBMM Kabupaten Bangli tahun 2021-2026 dan memilih Ketua Kecamatan sampai  Kabupaten Bangli. Loka Sabha kali ini mengambil tema “Melarapan Loka Sabha V Pratisentana Bendesa Manik Mas Kabupaten Bangli Tahun 2021, Nyujur Pasemetonan Sayan Rumaket Saha Nincapang Srada Bhakti Ring Ida Bhatara Lelangit (Tindih, Wirang, Pageh),” ucapnya. *** Cahayamasnews.com/Tim-NT.

Facebook Comments