News

PPDB SMAN di Bangli Mulai Digelar

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2022-2023 untuk jenjang SMAN 2 Bangli dilaksanakan dari tanggal 22-25 Juni 2022. Menampung siswa 432 dengan jumlah 12 Romel yang tersedia.  Berapa jalur yang bisa didaftar oleh calon peserta didik baru, dimana calon peserta didik bisa mendaftar maksimal 3 jalur dengan formasi 1 jalur pilihan (afirmasi / inklusi / perpindahan tugas orang tua / prestasi) dan 2 jalur wajib (zonasi dan ranking nilai raport). Demikian disampaikan I Gede Kariawan,Spd., Kepala SMAN 2 Bangli saat ditemui diposko pendaftaran Rabu (22/6/2022).

Lebih lanjut dijelaskan; informasi paket jalur yang bisa didaftar oleh calon peserta didik baru: Paket 1 : Inklusi, Zonasi, Ranking Nilai Raport, Paket 2 : Afirmasi, Zonasi, Ranking Nilai Raport. Paket 3: Perpindahan Tugas Orang Tua, Zonasi, Ranking Nilai Raport. Paket 4: Sertifikat Prestasi, Zonasi, Ranking Nilai Raport, dan Paket 5: Zonasi, Ranking Nilai Rapor.

Beberapa kendala yang dihadapi adalah penggunaan KK saat pendaftaran, karena banyak sekali dikeluarga secara riil perubahan keluarganya, semisal ada salah satu keluarga yang meninggal tiga bulan lalu dibuatlah KK baru kurang dari 1 tahun, sehingga di sistem tidak bisa diakses.

“Disamping itu, karena sistemnya berubah dari tahun lalu, sistem PPDB SMA itu berbeda dengan SMP maka pemahaman anak-anak yang kurang updit terhadap informasi PPDB juga menjadi kendala, sehingga hari pertama ini banyak pendaftar kembali balik ke rumahnya, karena mereka tidak lengkap membawa syarat pendaftaran yang diperlukan,” jelasnya.

Disinggung jumlah siswa yang bisa tertampung 432 orang dengan 12 rombel, dimana masing-masing rombel 36 orang sesuai tersedia di SMAN 2 Bangli. Untuk tahun lalu hanya dapat 10 rombel.

“Terkait zonasi kendalanya masih banyak masyarakat belum paham, seperti SMAN 2 Bangli berada di Kecamatan Bangli, namun pandangan di masyarakat mengira zonasinya itu hanya di Kecamatan Bangli saja, padahal zonasinya 4 kecamatan yakni; Kecamatan Bangli, Tembuku, Susut, dan Kecamatan Kintamani,” ujarnya.

Pihaknya berharap, ke depan kuota terpenuhi dan tidak ada lagi siswa yang tercecer seperti tahun lalu, akibat kurangnya pemahaman syarat pendaftaran terutama terkait zona. Untuk pengumuman yang lolos 4 Juli 2022. *** Cahayamasnews.com/Tim-NT.

Facebook Comments

error: Content is protected !!