October 24, 2024
News

Goweser Santai Panji Rayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

BULELENG (CAHAYAMASNEWS.COM). Sejumlah pesepeda yang menamakan diri Goweser Santai merayakan dan menyambut kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun 2022, Rabu (17/8/2022) kemarin. Pesepeda dari beberapa desa di Buleleng ini menyambut HUT Kemerdekaan RI dengan melaksanakan gowes santai ke beberapa daerah tujuan wisata di Kecamatan Sukasada. Mereka juga menghias sepeda masing-masing dengan ragam pernik atribut Merah Putih.

Gowes kemarin mengambil lokasi start di jembatan jalan Shortcut Singaraja – Mengwitani di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada. Sebelum mulai mengayuh sepeda, mereka mengikuti arahan dari personel Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polres Buleleng yang kala itu sedang melaksanakan patroli di kawasan Shortcut. Arahan ini terkait pentingnya menjaga disiplin saat berkendara di jalan raya, sehingga tidak terjadi hal yang tak diinginkan,

Dari garis start ini, peserta kemudian jalan Singaraja Bedugul. Salah satu obyek yang dikunjungi adalah kawasan Puncak di Desa Wanagiri. Rute lainnya adalah berkunjung ke Danau Buyan, Desa Pancasari. Selain di dua obyek itu, penghobi sepeda ini juga berkunjung ke kawasan Kebun Raya Bedugul (Tabanan) dan Danau Beratan. Gowes kemudian berkahir dengan kembali menuju markas Goweser Santai yaitu di Desa Panji, Kecamatan Sukasada.

Penggas Goweser Santai, Dede mengatakan, lewat perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini dijadikan momentum untuk berpartisipasi menyambut hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

Dari kegiatan ini, dirinya bersama sesama penghobi sepeda untuk tetap menanamkan sikap selalu menjungjung tinggi spirit dan nilai-nilai perjuangan Pahlawan yang telah mempersembahkan kemerdekaan itu sendiri.

“Sesama penghobi sepeda, kami turut merayakan dan momentum ini kami ingin bertekad menanamkan sikap dan jiwa nasionalisme,” katanya.

Momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI ini juga dirangkaikan dengan peluncuran “Lahirnya” komunitas peseda dengan julukan “Goweser Santai”. Seperti namanya, lewat wadah ini, para pesepeda dari beberapa desa di Buleleng ini melaksanakan gowes santai sembari turut berpartisipasi mengenalkan potensi wisata desa di Bali Utara yang belakangan kian berkembang. “Kami berkumpul disini bukan atlet, siapapun dan dari mana pun yang ingin bersepeda silahkan bergabung. Agenda kami sendiri gowes ke rute-rute desa sembari mengenalkan potensi wisata di daerah kita dan setiap awal pekan pada setiap bulan kami agendakan gowes bersama dengan long trip,” tegasnya. *** Cahayamasnews.com-***.

Facebook Comments

error: Content is protected !!