Bali

Bupati Suwirta Sambut Rombongan Workshop Pengolah Sampah Jadi Listrik 

SEMARAPURA (NUANSA BALI). Workshop STT PLN bertemakan Pengolahan sampah menjadi listrik berlangsung pada hari Kamis (08/08/2019) dengan jumlah peserta mencapai kurang lebih 150 orang yang berasal dari seluruh Indonesia. Selanjutnya pada Jumat (09/08/2019), dilakukan kunjungan lapangan ke lokasi TOSS Akah, TOSS Sampalan Klod, dan IPLT Lepang. Rombongan Workshop  yang dipimpin Supriadi Legino diterima Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Balai Desa Akah Klungkung.

 Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan, bahwa teknologi yang digunakan dalam TOSS ini merupakan teknologi yang mudah untuk diimplementasikan. “TOSS merupakan metode yang saya yakini bisa menangani permasalahan sampah”, ujar Bupati Suwirta seraya menjelaskan bahwasannya mesin TOSS yang dimiliki Kabupaten Klungkung yang terbesar berada di Eks TPA Sente, dimana pada mesin tersebut dapat menghasilkan 200 kg/jam pelet.

Lebih jauh Bupati Suwirta mengatakan, metode TOSS digunakan untuk tujuan membuat Kabupaten Klungkung bersih, jika sudah bersih maka biaya kesehatan menjadi berkurang, Sementara terkait metode TOSS yang dapat menghasilkan pelet dan menghasilkan daya listrik merupakan bonus. Dalam kegiatan tersebut, diisi dengan presentasi dari Senior PLN I Nengah Suja, mengenai pelet hasil dari metode TOSS yang dapat digunakan sebagai energi listrik. *** Nuansabali.com/HmsKlgk.

Facebook Comments