News

Bersama Relawan Bali, Kadisos Bali  Dewa Mahendra Serahkan Bantuan di Desa Subaya

Bangli,Cahayamas.News. Kemiskinan merupakan salah satu masalah kesejahteraan sosial yang mengakibatkan dampak resiko sosial yang sangat komplek sehingga harus segera di tangani.Berbagai upaya dan terobosan terus dilakukan. Sinergi antara pemerintah dengan lapisan masyarakat sangat diperlukan terutama dalam pengentasan kemiskinan. Masih banyaknya masyarakat berada di bawah garis kemiskinan membuat relawan peduli sosial yang tergabung dalam “Relawan Bali” bersama Dinas Sosial Provinsi Bali melaksanakan kegiatan sosial di Desa Subaya, Kintamani, Bangli pada Minggu (27/10/2019).

Ketua Relawan Bali Wayan Andy Kariasa mengatakan jika kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan. Selain informasi dari para relawan kemanusiaan yang tersebar di seluruh Bali, informasi keberadaan warga kurang mampu diperoleh dari Dinas Sosial, baik kabupaten maupun provinsi. Data yang diperoleh menurutnya harus valid agar tepat sasaran dalam pendistribusiannya. “Hari ini kita menyerahkan paket sembako sejumlah 40 bungkus untuk para lansia dan tas sekolah beserta alat tulis kepada anak-anak. Selain itu kita akan berikan 5 bedah rumah untuk warga Desa Subaya,” jelasnya.

Diakui Andy, data valid sangat diperlukan dalam kegiatan sosial mengingat bantuan yang di berikan agar tepat sasaran. Selama ini dirinya harus lebih teliti dan turun langsung untuk mendapatkan data yang benar. “Kita hanya ingin bantuan yang diberikan tepat sasaran. Jangan sampai, bantuan kita berikan kepada warga mampu. Itulah kenapa kita perlu data yang valid, kegiatan seperti ini awal dari sinergi dengan Dinas Sosial dalam memperoleh data penerima bantuannya. Andy berharap agar ke depan masyarakat yang memiliki kemampuan lebih bisa ikut meringankan beban saudara yang membutuhkan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra menyambut baik kegiatan sosial yang dilakukan oleh Relawan Bali. Kegiatan ini menurut Dewa Mahendra merupakan bentuk kepedulian sesama. “Relawan Bali bersama pemerintah bergandengan tangan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial. Ini sangat bagus dan kita apresiasi, selama ini sinergitas sudah berjalan baik. Saya berharap ke depan semakin banyak relawan-relawan kemanusiaan yang ikut berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan di Bali. Kalau masih ada data KK Miskin yang tercecer nanti bisa dibantu oleh relawan kemanusiaan. Memang harus bersinergi semua pihak,” imbuhnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangli I Nengah Sukarta yang mengucapkan terima-kasih kepada Relawan Bali dan Dinas Sosial Provinsi Bali yang selama ini sudah banyak membantu warga Bangli yang kurang mampu. Untuk ke depannya kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak TNI/Polri yang ada di masing-masing desa yakni Babinsa dan Babinkantibmas untuk mendata warga yang benar-benar perlu dibantu, karena beliau sering bergaul dengan masyarakat yang ada di wilayahnya,” pungkas Sukarta. *** Cahayamasnews.com/Agung Nata.

Facebook Comments