News

Antisipasi kebocoran Pajak Galian C, Ketua DPRD  Segera Gelar Raker Cari Benang Merah Kebocoran

DPRD KARANGASEM (CAHAYAMAS-NEWS). Guna mengantisipasi terjadinya kebocoran pajak galian C, Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem menekan adanya kebocoran itu harus ada pengawasan di setiap portal galian C.  Yang memiliki tugas tersebut adalah BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Karangasem. Demikian disampaikan Ketua DPRD I Gede Dana di ruang kerjanya Selasa (7/01/2020).

“Untuk meminimalisir kebocoran tersebut, maka pengawasan harus diperketat, dan setiap portal harus berfungsi maksimal,” katanya seraya mencontohkan, dia sengaja mampir ke salah satu pos  penjagaan portal di Uma Anyar, Budakeling, Bebandem, setelah meninjau  jalan pelintasan Tukad Embah Api di Desa Butus Buanagiri Bebandem, Senin (6/01/2020) lalu. Pihaknya mengaku sengaja nongkrongin  portal itu bersama anggota lainnya selama 30 menit. Sangat lucu saat saya berada di portal banyak truk parkir di atas. Memang dibandingkan setelah melakukan sidak pertama akhir 2019 lalu, hanya 2 lembar faktur yang masuk.  Setelah diadakan rapat kerja dengan intansi terkait, benar ada peningkatan sebanyak 60 lembar faktur.

Untuk mengantisipasi kebocoran itu, dalam waktu dekat Ketua DPR meminta komisi 3 yang membidangi menggelar rapat kerja guna mencari benang merahnya atas terjadi kebocoran itu. Politisi asal Desa Datah, Kecamatan Abang itu mengharapkan intansi terkait, utamanya BPKAD untuk terus melakukan pemantauan terhadap pos portal galian C yang  ada. Bahkan bila perlu di tiap portal dipasangi SCTV. “Jika terus begini terjadi kebocoran pada pajak galian C, otomatis pemasukan pajak dari sektor galian C terus menurun. Sekali lagi saya berharap Pemerintah  Kabupaten Karangasem, terutama BPKAD melakukan kontrol lebih ketat dan sering-sering turun ke lapangan, sehingga kian hari kebocoran itu dapat diminimalisir,” tegasnya. *** Cahayamas-News.com/Tim.

Facebook Comments